PERBEDAAN PERSEPSI TENTANG BK ANTARA KELAS X MM (Multimedia) DAN XI PBK (Perbankan) SMK N 2 KEDIRI 2014 / 2015
Author (Penulis)
NASRULLOH IBNU MUSA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0203
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan persepsi tentang BK antara kelas X MM dan kelas XI PBK, sebagai upaya tolak ukur untuk meningkatkan kinerja maupun layanan BK yang sesuai untuk peserta didik yang membutuhkan BK dalam kehidupan sehari - hari.
Dunia persepsi adalah suatu dunia yang penuh arti. Mempersepsi tidaklah sama dengan memandang benda dan kejadian tanpa makna. Persepsi siswa terhadap guru BK terjadi karena siswa tersebut memperhatikan sesuatu yang nampak pada diri guru BK.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang mengambil lokasi di SMK N 2 Kediri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara dan observasi. Serta teknik analisis domain, analisis taksonomi dan analisis komponensial.
Hasil penelitian yang dilakukan terhadap subjek penelitian ialah masih ada beberapa siswa yang masih menganggap guru BK adalah polisi sekolah, karena masih memarahi saat proses pemberian konseling pada peserta didik.
Jadi masih terbukti bahwa perbedaan persepsi tentang BK di kalangan peserta didik masih terjadi yang dikarenakan berbagai faktor yang menimbulkan persepsi – persepsi di kalangan peserta didik.