HUBUNGAN ANTARA LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENINGKATNYAKETERBUKAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 6 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015


Author (Penulis)

MUHAMMAD AGUNG NUGROHO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0198

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti yang pernah melaksanakan kegiatan PPL di sekolah tersebut, karena pada saat PPL telah diberikan layanan bimbingan kelompok sehingga dibutuhkan tindak lanjut untuk melihat hasil layanan bimbingan kelompok Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau Hubungan Antara Layanan Bimbingan Kelompok DenganMeningkatnyaKeterbukaan Diri Peserta Didik Kelas X Di SMA Negeri 6 Kediri Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Penelitian dilaksanakan dengan cara memberikan layanan bimbingan kelompok dan kuisoner keterbukaan diri pre tes dan post tes Penelitian ini mengunakan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas X SMA Negeri 6 Kediri. Penelitian ini dilaksanakan dengan cara memberikan layanan bimbingan kelompok dengan diskusi serta pengisian angket pre tes dan post tes, sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Stratified random sampling dengan jumlah populasi 313 siswa, maka jumlah sampel sebesar 175 siswa. Dari hasil uji ttest diperoleh analisis thitung dengan N = 175 sebesar -4354. Jika dikonsultasikan dengan ttabel taraf signifikan 5 % diperoleh hasil 1,653 dengan demikian maka, thitung lebih kecil dari ttabel -4,354 < 1,653 disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara Layanan Bimbingan Kelompok dengan Meningkatnya Keterbukaan Diri Peserta Didik SMA Negeri 6 Kediri Tahun 2014/ 2015”, Artinya Ha ditolak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI