PENGARUH LAYANAN ICE BREAKING TERHADAP TINGKAT STRESS PESERTA DIDIK TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

MUH. YUNUS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0197

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti yang pernah melaksanakan kegiatan PPL di sekolah tersebut, bahwa masih banyak siswa yang mengalami stress sehingga di butuhkan layanan ice breaking untuk mengubah suasana kelas lebih hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh layanan ice breaking terhadap tingkat stress peserta didik kelas X SMA Negeri 6 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas X SMANegeri 6 Kediri. Penelitian dilaksanakan dengan cara memberikan perlakuan melalui layanan bimbingan ice breaking dengan metode permainan serta pengisian angket pre-tes dan post-tes. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik talking stick sampling. Jumlah populasi dalam penelitian ini 313 siswa dan jumlah sampel 30 siswa, diambil secara tidak acak dari dua kelas kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Untuk analisis data menggunakan rumus t-test pre-test dan post-test Control Group Design Suharsimi Arikunto. Dengan membandingkan data dari kelompok kontrol dan kelompok eksperimen sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan. Berdasarkan rumus t-test menyatakan bahwa pengaruh layanan ice breaking terhadap tingkat stress peserta didik kelas X SMA Negeri 6 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015, hasil dengan N= 30 diperoleh hasil Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung dengan N = 30 sebesar -8,918. Jika dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikansi 5% diperoleh angka 1,697. Dengan demikian, thitung lebih kecil dari ttabel (-8,918<1,697). Dengan kesimpulan bahwa tidak ada pengaruh layanan layanan ice breaking terhadap tingkat stress peserta didik kelas X di SMA Negeri 6 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015, artinya Ha ditolak .

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-29

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI