EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORAL (BEHAVIORAL THERAPY) TEKNIK PENGUATAN POSITIF (POSITIVE REINFORCEMENT) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS X-BBT SMKN 1 KEDIRI TAHUN AJARAN 2014 – 2015


Author (Penulis)

MUH. ARIEF HIDAYATULLOH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0196

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya efektifitas layanan konseling kelompok dengan pendekatan behavioral terapy (therapy behavioral) teknik penguatan positif (positive reinforcement) sebagai upaya meningkatkan kedisiplinan peserta didik, serta untuk menemukan alternatif bantuan layanan bimbingan dan konseling yang sesuai untuk peserta didik yang memiliki perilaku tidak disiplin dalam belajar Kelas X-BBT SMKN 1 Kediri Tahun pelajaran 2015-2016. Konseling behavioral dengan teknik positive reinforcement adalah pendekatan yang bertujuan mengubah perilaku maladaptive menjadi adaptif dengan melibatkan pemberian ganjaran kepada individu atas pemunculan tingkah lakunya (yang diharapkan) pada saat tingkah laku itu muncul agar tingkah laku yang diinginkan cenderung akan diulang, meningkat dan menetap di masa akan datang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang mengambil lokasi di SMKN 1 Kediri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis domain, analisis taksonomi dan analisis komponensial. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap subjek penelitian sebelum treatment yaitu: a) Kurangnya kesadaran peserta didik untuk memahami pentingnya disiplin, b) Kurangnya motivasi orang tua kepada anak, c) Belum bisa membuat jadwal kegiatan sehari-hari secara teratur, d) Pelaksanaan konseling dan sanksi yang di koordinasikan oleh pihak yang terkait kurang maksimal. Dan setelah diberikan treatment selama 3 tahapan dengan memberikan konseling, kontrak tingkah laku, dan jadwal sehari-hari serta lembar komitmen maka diperoleh kedisiplinan yang meningkat terbukti dari absensi kelas dan daftar pelanggaran tata tertib yang berkurang secara signifikan. Jadi alternatif layanan bimbingan dan konseling yang dapat diberikan untuk mengatasi perilaku tidak disiplin peserta didik melalui konseling kelompok dengan pendekatan behavioral terapy (therapy behavioral) teknik penguatan positif (positive reinforcement) sebagai upaya meningkatkan kedisiplinan peserta didik efektif dilakukan atau diberikan. Kata Kunci: Layanan konseling kelompok, behavioral terapy teknik penguatan positif, kedisiplinan peserta didik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-22

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI