EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 2 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
MEILATA AQNIS
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0182
Abstract
ABSTRAK
MEILATA AQNIS, NPM : 11.1.01.01.0182, Skripsi, Efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2015
Kata Kunci : Bimbingan kelompok, Teknik sosiodrama, Kepercayaan diri
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti selama melaksanakan Penelitian di SMP Negeri 2 Tulungagung, serta informasi dari Guru BK bahwa ada siswa yang mengalami krisis percaya diri. Contoh krisis percaya diri yang dialami siswa yaitu kemampuan bersosialisasi kurang, tidak yakin pada kemampuan sendiri, dan kurang aktif saat pembelajaran.
Pertanyaan peneliti ini adalah apakah bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Tulungagung?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan desain SSD (Single Subject Design) dengan subyek penelitian empat siswa kelasIX SMP Negeri 2 Tulungagung. Penelitian dilaksanakan dalam fase baseline dan 3 kali intervensi. Intervensi disini yaitu teknik sosiodrama atau bermainperan. Dan tingkat perubahannya diukur dengan pedoman observasi.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan :
(1) Penggunaan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa, mengingat bahwa masalah percayadiri berkaitan dengan pencapaian prestasi siswa disekolah
(2) Penggunaan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama akan lebih efektif apabila konselor lebih kreatif mengembangkan naskah drama dan isi drama yang digunakan,yang dapat merubah sikap dan kebiasaan siswa.