EFEKTIVITAS KONSELING MODEL BEHAVIORAL DALAM MENANGANI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 7 NGANJUK TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

MEIA FERIDHA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0181

Abstract

MEIA FERIDHA:Efektivitas Konseling Behavioral Dalam Menangani Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 7 Nganjuk Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: Konseling, behavioral, kesulitan belajar. ABSTRAK MEIA FERIDHA:Efektivitas Konseling Behavioral Dalam Menangani Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 7 Nganjuk Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: Konseling, behavioral, kesulitan belajar. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti bahwa saat kegiatan belajar mengajar berlangsung ditemukan beberapa perilaku peserta didik yang menggambarkan keadaan dimana peserta didik tidak dapat belajar sebagaimana mestinya. Sehingga menghambat tercapainya kinerja akademik yang sesuai harapan. Hal tersebut nampak dari peserta didik yang tidak dapat bersosialisasi dengan baik, tidak dapat mengerjakan tugas dengan cepat dan tanggap serta tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar sebagaimana mestinya. Permasalahan penelitian ini adalah: Apakah konseling model behavioral efektif untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas VII di SMPN 7 Nganjuk Tahun Ajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif eksperimen dengan desain subyek tunggal (Single Subject Design (SSD) dengan subyek penelitian satu peserta didik kelas VIII SMPN 7 Nganjuk. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 fase yaitu fase baseline dan fase intervensi. Dalam fase baseline dilakukan 5 kali observasi untuk mengetahui sejauh mana kesulitan belajar peserta didik, dan fase intervensi juga dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan. Pada setiap pertemuan peserta didik diberikan konseling individu model behavioral dengan teknik kontrak perilaku. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah konseling model behavioral efektif untuk menangani kesulitan belajar peserta didik kelas VIII SMPN 7 Nganjuk. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan pada guru Bimbingan Konseling untuk menggunakan Konseling model behavioral dalam menangani masalah peserta didik terutama masalah kesulitan belajar. Karena dalam penelitian ini dapat membuktikan keefektifan konseling model behavioral untuk menangani kesulitan belajar peserta didik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI