PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA KELAS VIII MTs NEGERI KANDAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
M. IRFAN BAIHAQI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0173
Abstract
Abstrak
M. IRFAN BAIHAQI: Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Menggunakan Teknik Sosiodrama Terhadap Kemandirian Siswa Kelas VIII MTs Negeri Kandat Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, Bimbingan Dan Konseling, FKIP UNP Kediri 2015
Kata kunci: Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama, Kemandirian Siswa
Peneletian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan ketika di sekolah sewaktu menjaga ujian semester, tidak sedikit siswa yang mengerjakan ujian dengan mencontoh temannya, karena kurangnya kesadaran mandiri dalam mengerjakan ujian. Gejala yang ditemukan menunjukkan kurangnya kemandirian untuk mengerjakan suatu tugas di sekolah MTs Negeri Kandat.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk pelaksanaan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik sosiodrama di MTs Negeri Kandat tahun ajaran 2014/2015? (2) Bagaimana kemandirian siswa kelas VIII MTs Negeri Kandat tahun ajaran 2014/2015? (3) Adakah pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik sosiodrama terhadap kemandirian siswa?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian pre-experimental designs dengan bentuk one-group pretest-posttest design, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 40 siswa dari 352 populasi pada siswa kelas VIII di MTs Negeri Kandat. Instrumen penelitian ini menggunakan angket. Data penelitian di analisis dengan teknik analisis data statistic Product Moment.
Pelaksanaan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik sosiodrama di MTsN Kandat kurang maksimal, karena jarang dipergunakan. Kemandirian siswa sebagian sudah baik, dan sebagian lagi perlu ditingkatkan. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa thitung yaitu 5,241 dan ttabel yaitu 2,021 yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 5,241 > 2,021. Sehingga perhitungan signifikan, Ha diterima dan Ho ditolak yaitu “ada hubungan antara bimbingan kelompok teknik sosiodrama dengan kemandirian siswa kelas VIII MTs Negeri Kandat.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, agar penelitian lebih terarah dan hasil yang di dapat lebih optimal, maka adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik sosiodrama di MTs Negeri Kandat. (2) Untuk mengetahui kemandirian siswa kelas VIII di MTs Negeri Kandat. (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik sosiodrama terhadap kemandirian siswa.