HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN PENGELOLAAN EMOSI DENGAN PERILAKU ASERTIF PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 02 SRENGAT KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

LUTFATU DZULFA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0171

Abstract

LUTFATU DZULFA: Hubungan antara Kemampuan Pengelolaan Emosi dengan Perilaku Asertif Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 02 Srengat Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, Bimbingan Konseling, FKIP UNP Kediri 2015. Kata kunci: kemampuan pengelolaan emosi, perilaku asertif. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti saat peneliti melakukan tugas survey salah satu mata kuliah telah banyak menemukan beberapa hal negatif pada peseta didik, salah satunya adalah peseta didik kurang bisa menempatkan diri dengan siapakah peseta didik berbicara, tutur kata hanya ada beberapa peseta didik yang melakukannya dengan baik. Yang lainnya acuh tak acuh jika berhadapan dengan bapak ibu guru, bahkan hanya diam dengan memasang muka marah, terserah, dan seperti ada rasa dendam. Padahal hal ini tidak patut dimunculkan oleh seorang pelajar. Selain itu jika ada suatu masalah dalam kelas, para peseta didik tidak menyelesaikan dengan hati yang dingin, seperti tidak ada jalan keluar dan semua ingin menang. Permasalahan penelitian ini adalah adakah hubungan antara kemampuan pengelolaan emosi dengan perilaku asertif peserta didik kelas VIII SMP Negeri 02 Srengat Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2014/2015?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode korelasional. Dengan populasi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 02 Srengat Blitar tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 276 peserta didik yang akan diambil sampel sebesar 25%-nya yaitu menjadi 72 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportional random sampling. Dalam penelitian ini, akan digunakan dua buah skala, yaitu skala kemampuan pengelolaan emosi dan skala perilaku asertif. Hasil perhitungan skala kemampuan pengelolaan emosi diketahui yang di uji cobakan adalah 24 aitem dari 38 aitem semula, dengan koefisien validitas minimal 0,250. dan perhitungan skala perilaku asertif diketahui yang di uji cobakan adalah 33 aitem dari 40 aitem semula, dengan koefisien validitas minimal 0,250. Hasil utama penelitian ini memperlihatkan bahwa ada hubungan positif signifikan antara pengelolaan kemampuan emosi dengan perilaku asertif pada siswa kelas VIII SMP Negeri 02 Srengat Blitar tahun pelajaran 2014/2015. Dari penghitungan korelasi Pearson product moment dengan nilai sig (2-tiled) 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak. Dari penentuan rtabel , tabel distribusi r dicari pada ? = 5% : 2 = 2,5% (uji 2 sisi) dengan derajat kebebasan (df) n-2 atau 72-2 = 70 (n adalah jumlah data). Dengan pengujian 2 sisi (signifikansi = 0,025) hasil diperoleh untuk r tabel sebesar 0,235. Maka nilai rhitung > rtabel (0,952 > 0,235), maka Ho ditolak Hasil penelitian tersebut sesuai dengan hipotesis yang diajukan yaitu terdapat hubungan antara antara kemampuan pengelolaan emosi dengan perilaku asertif pada siswa VIII SMP Negeri 02 Srengat Blitar tahun pelajaran 2014/2015.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-11-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI