HUBUNGAN KECERDASAN SPIRITUAL (SQ) DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PAWYATAN DAHA 2 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

LUKY INDAH KUSUMANING PUTRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0170

Abstract

Pada dasarnya penelitian ini membahas mengenai hubungan kecerdasan spiritual (SQ) dengan motivasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Pawyatan Daha 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. Kecerdasan spiritual adalah suatu tindakan untuk menempatkan perilaku dan hidup dalam konteks makna yang lebih luas dan kaya, kecerdasan untuk menilai bahwa tindakan atau jalan hidup seseorang lebih bermakna dibandingkan yang lain. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah tingkat kecerdasasan spiritual peserta didik Kelas VIII SMP Pawyatan Daha 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015 ?, (2) Bagaimanakah tingkat motivasi belajar peserta didik Kelas VIII SMP Pawyatan Daha 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015?, (3) Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan spiritual (SQ) dengan motivasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Pawyatan Daha 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015 ? Metodologi penelitian dalam skripsi ini dengan menggunakan pendekatan jenis explanasi yang menggambarka hubungan asosiatif atau pengaruh antar dua variabel. Populasi dan sampel penelitian ini adalah 96 peserta didik kelas VIII SMP Pawyatan Daha 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. Analisis data menggunakan statistik regresi sederhana dan uji hipotesis. Kesimpulan hasil penelitian ini: (1) Tingkat kecerdasaan spiritual peserta didik dapat diukur melalui pengendalian emosi, bertanggung jawab, taat beribadah, sopan santun serta rendah hati. (2) Tingkat motivasi dipengaruhi oleh minat peserta didik terhadap mata pelajaran, kedisiplinan, kreativitas, hubungan antar siswa, dan kerja keras yang ada di sekolah yang dapat membentuk perilaku peserta didik dalam belajar. (3) Korelasi antara kecerdasan spiritual dengan motivasi belajar peserta didik di SMP Pawyatan Daha 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015 dapat dikategorikan sangat kuat. Hal ini dibuktikan oleh angka korelasi sebesar 0,910 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 ( kurang dari 0,05). Berdasarkan Simpulan hasil penelitian dapat direkomendasikan: (1) kecerdasan spiritual memiliki hubungan signifikan dalam mewujudkan motivasi belajar yang maksimal. Oleh karena itu, disarankan kepada Pihak SMP Pawyatan Daha 2 Kota Kediri agar dalam pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah tidak hanya melihat dari aspek kecerdasan intelektual saja, melainkan kecerdasan spiritual sehingga nantinya akan menghasilkan peserta didik yang mempunyai intelektual tinggi dan perilaku yang berkualitas. (2) Peserta didik senantiasa meningkatkan pemahaman tentang pentingnya kecerdasan spiritual sehingga motivasi belajar dapat tercipta. Upaya yang perlu dilakukan oleh peserta didik adalah mengelola emosi dirinya, mengembangkan kemampuan berpikir fitrah dan bijaksana.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI