PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK CINEMA THERAPY TERHADAP RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

LEDYANITA TRI KARTIKASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0166

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak siswa kelas X SMA Negeri 4 Kediri kurang memiliki rasa percaya diri seperti tidak berani untuk berbicara atau tampil didepan umum, malu untuk mengungkapkan pendapatnya, mudah putus asa dalam menghadapi suatu masalah, ragu-ragu dalam mengambil keputusan, sulit untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan yang lebih penting lagi kurang yakin pada kemampuan atau kelebihan yang di milikinya. Untuk memecahkan masalah tersebut peneliti melaksanakan bimbingan kelompok dengan teknik cinema therapy, dengan tujuan mengentaskan berbagai masalah kurang percaya diri yang dihadapi siswa Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana rasa percaya diri siswa kelas X SMA Negeri 4 Kediri sebelum diberikan bimbingan kelompok teknik cinema therapy?, 2) Bagaimana rasa percaya diri siswa kelas X SMA Negeri 4 Kediri setelah diberikan bimbingan kelompok teknik cinema therapy?, dan 3) Adakah pengaruh bimbingan kelompok teknik cinema therapy terhadap rasa percaya diri siswa kelas X SMA Negeri 4 Kediri tahun pelajaran 2015/2016? Dalam penelitian ini variabel bebasnya ( X ) bimbingan kelompok teknik cinema therapy dan variabel terikatnya ( Y ) adalah rasa percaya diri. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas X SMA Negeri 4 Kediri tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan dengan pemutaran sebuah film tentang percaya diri setelah itu siswa diberi angket percaya diri. Pendekatan penelitiannya adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik experimental one group pretest-posttest. Populasinya ialah seluruh siswa kelas X 1- 4 SMA Negeri 4 Kediri yang berjumlah 128 siswa, sedangkan sampelnya = 32 siswa yang diambil dengan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah t test. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Rasa percaya diri siswa kelas X SMA Negeri 4 Kediri sebelum diberikan bimbingan kelompok teknik cinema therapy dinilai cukup, karena nilai Nilai mean pretest = 80.0 berkategori cukup, 2) Rasa percaya diri siswa kelas X SMA Negeri 4 Kediri setelah diberikan bimbingan kelompok teknik cinema therapy dinilai baik, karena nilai mean posttest = 89.3 berkategori baik, dan 3) Ada pengaruh bimbingan kelompok teknik cinema therapy terhadap rasa percaya diri siswa kelas X SMA Negeri 4 Kediri tahun pelajaran 2015/2016, hal ini karena nilai +th > +ttab. taraf signifikansi 5% atau 18.94 > 2.052.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI