HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN BELAJAR DENGAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

LAILI NADHIFAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0165

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi upaya meningkatkan kreativitas belajar siswa yang berkaitan dengan bagaimana cara memberikan bimbingan belajar agar mampu meningkatkan kreativitas belajar.Permasalahan penelitian ini adalah, Adakah Hubungan Bimbingan Belajar Dengan Kreativitas Belajar Siswa Kelas X SMA NEGERI 4 KEDIRI tahun ajaran 2014/2015 ? Penelitian ini menggunakan teknik eksperimen pretest dan posttest dengan subjek penelitian siswa kelas X SMA NEGERI 4 Kediri sebesar 40 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa RPLBK dan angket kreativitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hitung kreativitas belajar siswa sebelum diadakan bimbingan belajar sebesar 60, 5. Namun, setelah diberi bimbingan belajar, kemudian rata-rata kreativitas belajar sebesar 66, 8. Dari hasil tes awal (T1) dan tes akhir (T2) dapat dikatakan bahwa kreativitas belajar siswa meningkat sebesar 6, 3. Dari hasil analisis data dengan perhitungan microsoft excel, diperoleh t hitung > t tabel yaitu: 3, 82010 > 1,684 untuk= 5% dengan dk 40 – 1 = 39.Kesimpulan hasil penelitian ini adalah melalui bimbingan belajar ada hubungan positif antara bimbingan belajar dengan kreativitas belajar siswa kelas X di SMA NEGERI 4 Kediri tahun ajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil penelitian, maka guru bimbingan konseling hendaknya meningkatkan kualitas layanan bimbingan belajar, sehingga siswa mampu meningkatkan kreativitas belajar. Sekolah hendaknya mamfasilitasi pelaksanaan layanan bimbingan belajar, khususnya bagi siswa yang kreativitas belajarnya rendah. Bagi siswa yang kreativitas belajarnya rendah, hendaknya menjadikan layanan bimbingan belajar sebagai pengalaman yang berguna untuk lebih meningkatkan kreativitas belajar. Kata Kunci : Bimbingan Belajar, Kreativitas Belajar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-31

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI