PENGARUH TEKNIK SOSIODRAMA DALAM KEGIATAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 3 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

KUMI NURLAILA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0163

Abstract

Kumi Nurlaila: PENGARUH TEKNIK SOSIODRAMA DALAM KEGIATAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 3 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Kata kunci: teknik sosiodrama, percaya diri. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Kediri masih terdapat peserta didik yang masih mencari jati dirinya sehingga timbul rasa percaya diri bahkan sebaliknya. Hal tersebut akan berdampak buruk bagi perilaku peserta didik itu sendiri. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana teknik sosiodrama dalam kegiatan bimbingan kelompok? (2) Bagaimana rasa percaya diri peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Kediri? (3) Adakah pengaruh teknik sosiodrama dalam kegiatan bimbingan kelompok terhadap rasa percaya diri peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Kediri?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Pada penelitian ini, peneliti bermaksud memperoleh data mengenai pengaruh teknik sosiodrama dalam kegiatan bimbingan kelompok terhadap rasa percaya diri peserta didik. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Kediri. Pelaksanaan teknik sosiodrama dalam kegiatan bimbingan kelompok diberikan perlakuan, sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama peserta didik diberikan pra tes (angket percaya diri), setelah itu diberikan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama dan setelah selesai diberikan pasca tes (angket percaya diri). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Dengan pemberian layanan bimbingan kelompok melalui teknik sosiodrama peserta didik sangat antusias dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. (2) Percaya Diri peserta didik termasuk dalam kategori tinggi. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara teknik sosiodrama dalam kegiatan bimbingan kelompok terhadap rasa percaya diri peserta didik. Sehingga teknik sosiodrama dalam kegiatan bimbingan kelompok dapat meningkatkan rasa percaya diri peserta didik. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, saran yang perlu dikemukakan adalah sebagai berikut: Peserta didik dibiasakan hidup bersama, bekerjasama dalam diskusi kelompok, mereka akan menyadari bahwa dirinya ada kekurangan dan kelebihan. Yang mempunyai kelebihan dengan ikhlas mau membantu mereka yang mempunyai kekurangan. Sebaliknya, mereka yang mempunyai kekurangan dengan rela hati mau belajar dari mereka yang mempunyai kelebihan, tanpa rasa minder. Persaingan yang positif pun terjadi di kelas dalam rangka untuk mencapai prestasi belajar yang optimal. Inilah yang diharapkan, peserta didik yang aktif, kreatif, dan mandiri. Karakter pesereta didik yang baik, sebaliknya, tidak dianugerahkan kepada peserta didik. Mereka harus membangun sedikit demi sedikit dengan pikiran , latihan, keberanian dan usaha keras.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-11-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI