KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL UNTUK MENGATASI KENAKALAN REMAJAPESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEMEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
KIKI YULIANTIKA DEWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0162
Abstract
KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL UNTUK MENGATASI KENAKALAN PESERTA DIDIK KELAS VIIISMP NEGERI 1 SEMEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kiki YuliantikaDewi
11.1.01.01.0162
FKIP–BimbinganKonseling
Dewiantika49@yahoo.com
Dr. Atrup, MPd. MMdanDr. Hj. Sri Panca Setyawati, M.Pd
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti yang pernah melaksanakan kegiatan PPL di sekolah tersebut, bahwa banyak peserta didik yang belum pernah melakukan bimbingan sosialmakadariitubanyakpesertadidik yang melanggarperaturan di sekolah.
Permasalahan penelitian ini adalah Adakah keefektifan layanan bimbingan sosial terhadap kenakalanremaja peserta didik?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain SSD (Single Subject Design). Subyek pada penelitian ini sebanyak 2 peserta didik, yang semuanya kelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan dalam 10 kali pertemuan dan pada Baseline (A) Subyek diminta untuk mengisi angket dan pada Intervensi (B) setiap pertemuan subyek diminta untuk untukmengisiangket yang sudah di berikankepadapesertadidik. Ini bertujuan untuk memudahkan peneliti untuk menganalisis perubahan yang terjadi serta menyimpulkan hasil penelitian.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah layanan bimbingan sosialefektif terhadap kenakalanremaja peserta didik menjadi lebihmenuruntingkatkenakalannya .
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan:
Penggunaan layanan bimbingan sosialsemakinseringlayananbimbingansosialdiberikankepadasiswamakakenakalanremajanyaakansemakinmenurundansebaliknyajikasemakinrendahlayananbimbingansosial yang diberikanterhadapsiswamakakenakalanremajanyasemakinmeningkat.
Kata Kunci: Bimbingan Sosial, KenakalanRemaja