HUBUNGAN KEBIASAAN MEMBACA KOMIK BERJENIS SUPERHERO DENGAN KONSEP DIRI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

KHOLID WAHYUDIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0159

Abstract

Kholid Wahyudin. 2015. Hubungan Kebiasaan Membaca Komik Berjenis Superhero Dengan Konsep Diri Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Campurdarat Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Bimbingan dan Konseling. Kata Kunci: Kebiasaan Membaca Komik Berjenis Superhero, Konsep Diri Kebiasaan membaca komik superhero adalah kegiatan membaca komik superhero yang dilakukan dimana saja, kapan saja dan apabila tidak dilakukan maka akan terasa ada yang kurang. Konsep diri merupakan seberapa positif gambaran seseorang mengenai keseluruhan dirinya yang dinilai berdasarkan kemampuan-kemampuannya, peranan-peranannya di masyarakat, statusnya, penilaian orang lain terhadap dirinya dan pribadi yang diharapkan oleh individu. Tujuan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kebiasaan membaca komik berjenis superhero dengan konsep diri peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Campurdarat Tulungagung tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah teknik korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Proses analisis data menggunakan analisis Korelasi Product Moment. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 responden yang memiliki kebiasaan membaca komik berjenis superhero tinggi dari total populasi sebanyak 311 peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Campurdarat. Hasil pengujian hipotesis menggunakan teknik Korelasi Product Moment dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows menunjukkan ada hubungan positif yang signifikan antara kebiasaan membaca komik berjenis superhero dengan konsep diri peserta didik kelas VIII SMP Ngeri 1 Campurdarat. Hubungan kebiasaan membaca komik berjenis superhero dengan konsep diri peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Campurdarat ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi / r =0,662, dengan rxyhitung ? rxytabel, taraf signifikan 5%, maka signifikan akibatnya hipotesis kerja (H0) ditolak dan hipotesis alternative (H1) diterima. Sedangkan besarnya hubungan kebiasaan membaca komik berjenis superhero dengan konsep diri peserta didik adalah 43,8 %. Sedangkan sisanya disebabkan oleh faktor lain yang berasal dari luar variabel yang diteliti. Maka hasilnya (H0) ditolak yang berarti ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan membaca komik berjenis superhero dengan konsep diri peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Campurdarat Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diatas dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kebiasaan membaca komik berjenis superhero dengan konsep diri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI