KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK HOME ROOM DALAM MENINGKATKAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 GURAH KAB. KEDIRI TAHUN 2015 / 2016


Author (Penulis)

KARICHA HASTUNING KUSUMA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0156

Abstract

KARICHA HASTUNING KUSUMA: Keefektifan Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Home Room dalam meningkatkan Komunikasi Antar Pribadi Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Gurah Tahun 2015 / 2016, Skripsi, BK, FKIP UNP Kediri, 2016. Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Home Room, Komunikasi Antar Pribadi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan langsung selama PPL II dan informasi konselor menunjukkan perilaku tidak percaya diri ketika menyampaikan pendapat, kurang bertanggung jawab terhadap apa yang diperbuat, serta kurang bersosialisasi dengan teman. Dampak dari masalah tersebut akan muncul masalah antar anggota, ketidakmauan dalam melakukan kegiatan komunikasi antar pribadi dalam KBM. Hal-hal seperti itu dirasa mengganggu dan perlu penanganan. Tetapi dalam hal ini yang menjadi fokus penelitian adalah kurangnya komunikasi antar pribadi yang disebabkan karena kurang bersosialisasi dengan teman. Permasalahan Penelitian ini adalah 1). Bagaimana kemampuan komunikasi antar pribadi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gurah sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok teknik home room? 2). Bagaimana kemampuan komunikasi antar pibadi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gurah setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik home room? 3). Apakah layanan bimbingan kelompok teknik home room efektif untuk meningkatkan komunikasi antar pribadi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gurah? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik SSD (Single Subject Design) dengan desain A-B. Subyek pada penelitian ini sebanyak 2 siswa kelas VIIG. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 kali observasi baseline dan 3 kali intervensi dengan dengan menggunakan pedoman observasi, wawancara, dokumentasi (sosiometri hasil penolakan dan penerimaan siswa). Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulan bahwa 1). Sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok teknik home room kemampuan komunikasi antar pribadi siswa cenderung rendah rata-rata AYP 26,1% dan ET 29,4% 2). Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik home room kemampuan komunikasi antar pribadi siswa termasuk dalam katagori rendah, rata-rata AYP 42,3% dan ET 47,2% tetapi sudah menunjukan peningkatan komunikasi yang digambarkan dalam trand grafik intervensi 3). Pemberian layanan bimbingan kelompok teknik home room efektif untuk meningkatkan komunikasi antar pribadi siswa kelas VII Tahun Ajaran 2015 / 2016 Di SMP Negeri 2 Gurah. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Bagi siswa sebaiknya memiliki kemampuan komunikasi sesuai dengan tugas perkembangan anak seusianya sehingga dalam berinteraksi, siswa mampu berkembang secara optimal. (2) Bagi Guru BK untuk lebih mengoptimalkan kemampuan komunikasi siswa, hendaknya konselor dalam proses pemberian layanan bimbingan kepada siswa yang memiliki komunikasi rendah yaitu dengan pemberian bimbingan kelompok teknik home room.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI