HUBUNGAN PEMBERIAN TUGAS DENGAN KREATIVITAS PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 8 KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
JOHANIS KARDINA DRATISTYA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0155
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman dari peneliti, kurangnya kreativitas yang dimiliki peserta didik, hal tersebut dapat diketahui pada saat proses belajar mengajar berlangsung, seperti kurangnya keaktifan peserta didik, tanggung jawab peserta didik ketika diberikan tugas. Banyak peserta didik juga yang berpendapat bahwa hanya individu yang pintar saja yang mempunyai kreativitas tinggi, aktif dalam proses belajar mengajar dan bertanggung jawab ketika diberikan tugas.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kreativitas peserta didik pada saat proses pembelajaran dan pada saat diberikan tugas? (2) Apakah metode pemberian tugas dapat meningkatkan kreativitas peserta didik? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian peserta didik kelas X di SMA Negeri 8 Kediri. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa ada hubungan positif antara pemberian tugas dengan kreativitas pada peserta didik kelas X di SMA Negeri 8 Kediri tahun ajaran 2014/2015, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,612 atau 61,2%. Semakin tinggi kreativitas yang dimiliki oleh peserta didik, maka ketika diberikan tugas peserta didik akan semakin aktif dalam mengerjakan tugas dan memiliki tanggung jawab penuh atas tugas yang telah diberikan.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian, direkomendasikan kepada konselor serta pihak yang bersangkutan lainnya seperti guru mata pelajaran dan wali murid agar membantu peserta didik dalam mengembangkan kreativitas yang dimiliki, karena kreativitas merupakan faktor yang sangat penting dalam menghadapi, menjawab, dan memecahkan setiap masalah yang timbul dalam diri individu.