PENERAPAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN MODEL BEHAVIORAL DALAM MENGURANGI MEMBOLOS SEKOLAH PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 7 KEDIRI TAHUN AJARAN 2015 / 2016
Author (Penulis)
INDRA MAULANA ERMERAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0152
Abstract
ABSTRAK
Indra Maulana E: Penerapan Layanan Konseling Individu Dengan Model Behavioral Dalam Mengurangi Membolos Sekolah Peserta Didik Kelas VIII SMPN 7 Kediri Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata Kunci: Layanan Konseling Individu,Dengan Model Behavioral,Perilaku Membolos
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa banyak siswa yang membolos, baik membolos mata pelajaran, maupun membolos sekolah. Akibatnya dari diri siswa atau individu yang membolos, prestasi di sekolah akan menurun.
Permasalahan penelitian ini adalah Apakah penerapan layanan konseling individu dengan model behavioral efektif untuk mengurangi membolos sekolah peserta kelas VIII di SMPN 7 Kediri ? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan Single Subject Design (SSD) dengan subyek penelitian 2 siswa kelas VIII SMPN 7 Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam waktu selama 3 minggu dengan menggunakan instrumen pedoman observasi siswa, wawancara, dokumentasi untuk mengumpulkan data dan layanan konseling individu dengan behavioral untuk intervensi.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penerapan layanan konseling individu dengan model behavioral dalam mengurangi membolos sekolah peserta didik kelas VIII SMPN 7 Kediri.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian direkomendasikan pada Konselor / Guru BK untuk menggunakan layanan konseling individu dengan model behavioral dalam mengurangi membolos sekolah. Karena dalam penelitian ini membuktikan layanan konseling individu dengan model behavioral untuk mengurangi siswa membolos.