EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING TEMAN KELAS PESERTA DIDIK KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 2 PAPAR TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

INDRA KURNIAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0151

Abstract

ABSTRAK Indra Kurniawan: Efektivitas Penggunaan Layanan Konseling Kelompok Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Teman Kelas Peserta Didik Kelas VIII UPTD SMP Negeri 2 Papar Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci: Efektivitas, Layanan konseling kelompok, Perilaku bullying Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa perilaku bullying sering terjadi dilingkungan sekolah dan memberikan dampak yang negatif bagi peserta didik karena perilaku bullying ini merupakan tindak kekerasan dimana terjadi pemaksaan secara psikologis ataupun fisik kepada peserta didik lain. Dampak bagi peserta didik yang menjadi korban bullying akan mengalami kesulitan berkosentrasi dalam bergaul, mengalami kesulitan berkonsentrasi dalam mengikuti pelajaran dan kesehatan mental maupun fisik jangka pendek dan jangka panjang mereka akan terpengaruh. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana penggunaan layanan konseling kelompok di UPTD SMP Negeri 2 Papar? (2) Bagaimana keefektifan penggunaan layanan konseling kelompok dalam mengatasi perilaku bullying teman kelas peserta didik kelas VIII UPTD SMP Negeri 2 Papar?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan Single Subject Design (SSD) dengan subyek penelitian tiga siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 2 Papar. Penelitian dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama, yaitu fase baseline (A), peneliti melakukan pengamatan atau observasi terhadap subyek penelitian mengenai berapa kali subyek melakukan perilaku bullying dengan menggunakan instrumen pedoman observasi dan wawancara selama 5 hari. Selanjutnya tahap kedua, yaitu fase intervensi (B), peneliti memberikan perlakuan berupa layanan konseling kelompok untuk membantu subyek dalam mengatasi perilaku bullying. Fase intervensi (B) ini dilakukan selama 3 hari. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penerapan layanan konseling kelompok efektif dalam mengatasi perilaku bullying teman kelas peserta didik kelas VIII di UPTD SMP Negeri 2 Papar. Berdasarkan simpulan hasil penelitian direkomendasikan pada Konselor / Guru BK untuk menggunakan layanan konseling kelompok dalam mengatasi perilaku bullying karena layanan konseling kelompok efektif untuk membantu peserta didik dalam mengatasi perilaku bullying.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI