PENGARUH LAYANAN INFORMASI TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS VIII SMPN 1 NGANTRU TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
IKA PERMATA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0149
Abstract
Kedisiplinan hakikatnya adalah sekumpulan tingkah laku individu maupun masyarakat yang mencerminkan rasa ketaatan, kepatuhan, yang didukung oleh kesadaran untuk menunaikan tugas dan kewajiban dalam rangka pencapaian tujuan. Layanan informasi adalah kegiatan memberikan pemahaman kepada individu-individu yang berkepentingan tentang berbagai hal yang diperlukan untuk menjalani suatu tugas atau kegiatan, atau untuk menentukan arah suatu tujuan atau rencana yang dikehendaki.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengetahui layanan informasi siswa kelas VIII SMPN 1 Ngantru? 2) mengetahui Kedisiplinan siswa kelas VIII SMPN 1 Ngantru? 3) Mengetahui pengaruh layanan informasi terhadap kedisiplinan siswa kelas VIII SMPN 1 Ngantru?
Dalam penelitian ini teknik yang di ambil adalah teknik penelitian eksperimen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Ngantru sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 46 siswa yang diambil dari 1 kelas secara keseluruhan dengan menggunakan cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t.
Berdasarkan analisis pengujian hipotesis maka dapat disimpulkan: Ada pengaruh layanan informasi terhadap kedisiplinan pada siswa kelas VIII-B di SMPN 1 Ngantru Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Dengan dibuktikan hasil pada uji-t diperoleh nilai thitung (8,757) > ttabel 5% (1,987) sig. (2-tailed) 0,000 > 0,05, akibatnya H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian layanan informasi terhadap kedisiplinan pada siswa kelas VIII-B di SMPN 1 Ngantru Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Diharapkan pihak sekolah dapat lebih memperhatikan kedisiplinan pada para siswa dengan memberikan layanan informasi mengenai kedisiplinan supaya para siswa tidak melakukan pelanggaran agar tercipta suasana kondusif.
Kata kunci: Layanan Informasi, kedisiplinan