HUBUNGAN INTERAKSI DALAM KELOMPOK TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PMS SMK PGRI 3 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015
Author (Penulis)
IIS SUSANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0147
Abstract
ABSTRAK
Iis Susanti: Hubungan Interaksi Dalam Kelompok Teman Sebaya Dengan Motivasi Belajar
Peserta DidikKelas X PMS SMK PGRI 3 Kediri.Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi,BK,
FKIP, UNP Kediri, 2015.
Kata Kunci: interaksi dalam kelompok teman sebaya dan motivasi belajar
Interaksi adalah kontak hubungan timbal balik atau interstimulasi dan respon antar
individu, hubungan antar sesame manusia yang saling mempengaruhi satu sama lain baik itu
dalam hubungan antar individu, antar kelompok maupun antarindividudankelompok.
Motivasi adalah suatu proses untuk merubah tingkah laku kearah yang diinginkan.
Pendidikan merupakan suatu proses atau sistem yang terdiri dari beberapa komponen.
Kelancaran jalannya komponen akan membawa kelancaran pada proses pendidikan.
Keberhasilan pendidikan tentunya tidak lepas dari belajar. Untuk meningkatkan hasil belajar
dibutuhkan motivasi dalam belajar.
Tujuan penelitian untuk mengetahui Hubungan antara Interaksi Sosial Teman Sebaya
dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X PMS SMK PGRI 3 Kediri menentukan ada
tidaknya pengaruh dan besarnya pengaruh yang diberikan antara dua variabel.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini
sebanyak 52 siswa kelas X PMS SMK PGRI 3 Kediri instrumen dalam penelitian ini adalah
angket.
Hasil pengujian hipotesis dengan teknik Korelasi Product Moment dengan bantuan
SPSS 16.0 for Windows menunjukkan ada hubungan Interaksi dalam kelompok teman sebaya
dengan Motivasi belajar.Hubungan antara Interaksi dalam kelompok teman sebaya dengan
Motivasi belajar siswa kelasX PMS SMK PGRI 3 Kediri ditunjukkan dengan nilai r
hitung
=
0,766 lebih besar dari rtabel
0,279) pada taraf sigifikansi 5%. Sedangkan sisanya disebabkan
oleh factor lain yang berasal dari luar variabel yang diteliti. Maka hasilnya H
0
ditolak yang
berarti ada hubungan yang signifikan antara interaksi sosial teman sebaya dengan motivasi
belajar siswa kelas X PMS SMK PGRI 3 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015 diterima.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diatas dapat disimpulkan bahwa interaksi dalam
kelompok teman sebaya dapat mempengaruhi dalam motivasi belajar. Maka semakin baik
interaksi dalam kelompok teman sebaya yang dimiliki oleh siswa, maka motivasi belajar
siswa akan semakin tinggi pula.