HUBUNGAN INTERAKSI DALAM KELOMPOK TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PMS SMK PGRI 3 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015


Author (Penulis)

IIS SUSANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0147

Abstract

ABSTRAK Iis Susanti: Hubungan Interaksi Dalam Kelompok Teman Sebaya Dengan Motivasi Belajar Peserta DidikKelas X PMS SMK PGRI 3 Kediri.Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi,BK, FKIP, UNP Kediri, 2015. Kata Kunci: interaksi dalam kelompok teman sebaya dan motivasi belajar Interaksi adalah kontak hubungan timbal balik atau interstimulasi dan respon antar individu, hubungan antar sesame manusia yang saling mempengaruhi satu sama lain baik itu dalam hubungan antar individu, antar kelompok maupun antarindividudankelompok. Motivasi adalah suatu proses untuk merubah tingkah laku kearah yang diinginkan. Pendidikan merupakan suatu proses atau sistem yang terdiri dari beberapa komponen. Kelancaran jalannya komponen akan membawa kelancaran pada proses pendidikan. Keberhasilan pendidikan tentunya tidak lepas dari belajar. Untuk meningkatkan hasil belajar dibutuhkan motivasi dalam belajar. Tujuan penelitian untuk mengetahui Hubungan antara Interaksi Sosial Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X PMS SMK PGRI 3 Kediri menentukan ada tidaknya pengaruh dan besarnya pengaruh yang diberikan antara dua variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 52 siswa kelas X PMS SMK PGRI 3 Kediri instrumen dalam penelitian ini adalah angket. Hasil pengujian hipotesis dengan teknik Korelasi Product Moment dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows menunjukkan ada hubungan Interaksi dalam kelompok teman sebaya dengan Motivasi belajar.Hubungan antara Interaksi dalam kelompok teman sebaya dengan Motivasi belajar siswa kelasX PMS SMK PGRI 3 Kediri ditunjukkan dengan nilai r hitung = 0,766 lebih besar dari rtabel 0,279) pada taraf sigifikansi 5%. Sedangkan sisanya disebabkan oleh factor lain yang berasal dari luar variabel yang diteliti. Maka hasilnya H 0 ditolak yang berarti ada hubungan yang signifikan antara interaksi sosial teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas X PMS SMK PGRI 3 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015 diterima. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diatas dapat disimpulkan bahwa interaksi dalam kelompok teman sebaya dapat mempengaruhi dalam motivasi belajar. Maka semakin baik interaksi dalam kelompok teman sebaya yang dimiliki oleh siswa, maka motivasi belajar siswa akan semakin tinggi pula.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-05-03

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI