EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI SMK PGRI 4 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

HERU PRASETYO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0143

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengalaman dan pengamatan peneliti bahwa banyak siswa di SMK PGRI 4 Kediri yang melanggar tata tertib atau kedisiplinan sekolah. Akibatnya banyak siswa yang membolos, datang terlambat ke sekolah, tidak memakai atribut sekolah secara lengkap, gaduh diruang kelas, bermain HP saat pelajaran berlangsung, sikap kurang sopan santun terhadap guru. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah efektivitas penggunaan layanan konseling kelompok siswa? (2) Apakah efektivitas penggunaan layanan konseling kelompok dapat meningkatkan kedisiplinan siswa?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas XI SMK PGRI 4 Kediri. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan observasi partisipan terhadap guru BK, walikelas XI, dan siswa kelas XI. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) melalui metode pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan observasi partisipan dapat ditemukan kurang efektifnya layanan konseling kelompok siswa karena masih terdapat banyak siswa yang melanggar tata tertib atau kedisiplinan sekolah (2) melalui metode pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan observasi partisipan terbukti efektivitas penggunaan layanan konseling kelompok masih kurang maksimal untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, bahwa penggunaan layanan konseling kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kurang maksimal, masih banyak siswa yang melanggar tata tertib atau kedisiplinan sekolah, hal ini terjadi karena kurangnya perhatian dan kerjasama dari pihak sekolah dalam menindak siswa yang bermasalah. Siswa atau konseli yang sudah dikonseling oleh guru BK belum mengalami perubahan sikap yang diharapkan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-01

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI