EFEKTIVITAS PEMBERIAN LAYANAN INFORMASI BIMBINGAN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN TKJ SMK NEGERI 1 NGASEM KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

HERI MURTI NOFITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0140

Abstract

ABSTRAK Heri Murti Nofitasari: Efektifitas Pemberian Layanan Informasi Bimbingan Belajar untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas X Jurusan TKJ di SMK Negeri 1 Ngasem Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015, Skripsi, BK, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: layanan informasi, bimbingan belajar, kemandirian belajar. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti yang pernah melaksanakan kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan di sekolah tersebut, bahwa pemberian layanan informasi bimbingan belajar masih jarang dilakukan kepada siswa. Akibatnya tingkat kemandirian belajar siswa masih kurang. Hal tersebut nampak dari banyaknya siswa yang masih belum bisa mandiri dalam segi kepercayaan diri, siswa masih tergantung kepada temanya dalam menghadapi masalah belajarnya, belajar kalau menjelang ujian saja, dan kurangnya memiliki keteraturan dan kedisiplinan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif tidaknya pemberian layanan informasi bimbingan belajar untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas X jurusan TKJ SMK Negeri 1 Ngasem Kabupaten Kediri tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas X jurusan TKJ SMK Negeri 1 Ngasem. Penelitian dilaksanakan dengan cara memberikan perlakuan dengan memberikan layanan informasi bimbingan belajar dengan metode ceramah dan tanya jawab. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling. Jumlah populasi dalam penelitian ini 105 siswa dan jumlah sampel 36 siswa, diambil secara acak dari tiga kelas jurusan TKJ. Untuk analisis data menggunakan rumus pre-test dan post-test One Group Design dengan membandingkan data dari hasil sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan. Dari hasil analisis uji-t, didapat nilai thitung sebesar 6,725 dan ttabel dengan db (N – 1) = 35 dan taraf signifikasi 5% (0,05) sebesar 3,591. Karena thitung > ttabel , 6,725 > 3,591, maka dapat disimpulkan bahwa pemberian layanan informasi bimbingan belajar efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas X jurusan TKJ SMK Negeri 1 Ngasem kabupaten Kediri tahun ajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil penelitian ini terbukti bahwa pemberian layanan informasi bimbingan belajar dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Oleh sebab itu konselor sekolah hendaknya lebih meningkatkan pemberian layanan informasi bimbingan belajar kepada siswa agar siswa dapat mengatasi masalah belajarnya terutama dalam hal meningkatkan kemandirian belajar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI