PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS X SMK BHAKTI MULIA PARE KEDIRI 2014/2015
Author (Penulis)
HENDY DWI KURNIAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0138
Abstract
Abstrak
Hendy Dwi Kurniawan: Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Kelas X SMK Bhakti Mulia Pare Kediri, Skripsi, BK, FKIP UNP KEDIRI, 2015.
Kata kunci: komunikasi interpersonal, penyesuaian diri.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti : bahwa masih banyak siswa yang mengalami masalah dalam penyesuaian diri. Beberapa perilaku siswa yang menunjukkan kesulitan untuk menyesuaikan diri seperti cenderung diam dan sering merasa minder, siswa yang datang terlambat dan siswa yang membolos sekolah. Selain itu, ada pula siswa yang memilih menjauh dari teman-temannya karena tidak percaya diri dan merasa tidak pantas untuk mendekat dengan teman-temannya.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana komunikasi interpersonal siswa? (2) Bagaimana penyesuaian diri siswa? (3) Apakah ada pengaruh antara komunikasi interpersonal dengan penyesuaian diri siswa?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas XI SMK Bhakti Mulia Pare. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan instrument berupa angket, yaitu angket komunikasi interpersonal dan angket penyesuaian diri siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS versi 16.00.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Sebagian besar siswa telah mencapai tingkat komunikasi interpersonal yang tinggi. Artinya siswa cenderung berkomunikasi secara terbuka dan bertatap muka langsung dengan orang yang diajak berkomunikasi. (2) Secara umum tingkat penyesuaian diri siswa berada dalam kategori tinggi. Artinya, siswa dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dimana siswa berada dan dengan siapa siswa berkomunikasi. (3) Ada pengaruh antara komunikasi interpersonal terhadap penyesuaian diri. Hal ini ditunjukkan dengan hipotesis alternatif diterima. Siswa yang memiliki komunikasi interpersonal yang tinggi, mampu membentuk hubungan baik tanpa ada rasa malu, dan takut. Perilaku tersebut mendorong siswa mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan: (1) Faktor komunikasi interpersonal berpengaruh dalam penyesuaian diri, untuk itu perlu ditingkatkan, ditanam dan dilatih serta dibiasakan untuk selalu berkomunikasi dengan lingkungan atau orang di sekitar penyesuaian diri dalam belajarnya. (2) Berangkat dari komunikasi interpersonal maka akan tercipta penyesuaian diri umumnya dalam melakukan segala hal dan khususnya dalam belajar. (3) Komunikasi interpersonal yang tinggi akan membentuk pribadi individu yang dapat menyesuaikan dirinya dengan lingkungan, karena individu mempunyai komunikasi interpersonal yang tinggi.