HUBUNGAN PENGELOLAAN EMOSI DENGAN PERILAKU SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 CAMPURDARAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

HENDI BAGUS EGA RUSTAMAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0137

Abstract

Hendi Bagus Ega Rustaman: Hubungan Pengelolaan Emosi dengan Perilaku Sosial Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Campurdarat Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, Jurusan Pendidikan Bimbingan Konseling FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi oleh gangguan emosi menimbulkan rasa yang tidak aman, tidak nyaman dan tidak puas terhadap orang-orang yang di lihatnya lebih beruntung dan bahagia. Akibat dari semua itu masalah ini sering mereka lakukan dengan tindakan merusak dan menyakiti orang lain untuk mencapai kepuasan remaja yang mengalami gangguan emosi tersebut. Oleh karena itu penting sekali pendidik dapat mengenali emosi positif dalam diri peserta didik, dapat membantu mengendalikan emosi negatif, serta dapat mengenali emosi dari peserta didik yang perlu dikembangkan dan ditingkatkan kearah yang positif melalui perilaku sosial yang sesuai harapan. Permasalahan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengelolaan emosi peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Campurdarat 2015-2016? 2) Bagaimana perilaku sosial peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Campurdarat 2015-2016? 3) Adakah hubungan antara pengelolaan emosi dengan perilaku sosial peserta didik ? Menurut Goleman (2002) menyatakan bahwa mengelola emosi yaitu kemampuan untuk mengatur perasaan, menenangkan diri, melepaskan diri dari kecemasan atau ketersinggungan, dengan tujuan untuk keseimbangan emosi (keseimbangan antara perasaan dan lingkungan). Perilaku sosial menurut Hamzah Ya’kub terdiri dari : 1) Menghormati orang lain, 2) Tolong-menolong. 3) Sopan santun. 4) Peka atau peduli. 5) Berterimakasih. Dalam penelitian ini variabel bebas (X) adalah Pengelolaan Emosi dan variabel terikat (Y) adalah perilaku sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yaitu 323 siswa kelas X SMA Negeri 1 Campurdarat 2015-2016. Sampel dalam penelitian ini adalah 64 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasi product moment. Kesimpulan penelitian ini adalah:1) Pengelolaan emosi dapat dideskripsikan menunjukkan adanya kecenderungan sangat baik yaitu 32 responden atau sebesar 50% termasuk dalam kategori sangat baik. 2) Perilaku sosial dapat dideskripsikan menunjukkan adanya kecenderungan sangat baik yaitu 34 responden atau sebesar 53% termasuk dalam kategori sangat baik. 3) Ada hubungan antara pengelolaan emosi dengan perilaku sosial pada peserta didik Kelas X SMA Negeri I Campurdarat Tahun Pelajaran 2015/2016. Kata Kunci: Pengelolaan Emosi, Perilaku Sosial

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI