HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTRAPERSONAL DENGAN KEMAMPUAN MENYESUAIKAN DIRI SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK SMK NEGERI I NGASEM KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

HARIS PUJIYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0135

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti. Mayoritas siswa malu mengungkapkan pendapat atau keinginannya karena takut jika pendapatya tidak diterima orang lain, merasa minder jika berhadapan dengan teman yang baru, yang dianggapnya lebih baik dari dirinya, sehingga siswa susah menyesuaikan diri dengan lingkungan. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana tingkat komunikasi intrapersonal siswa kelas X Jurusan Teknik SMK Negeri I Ngasem Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015? (2) Bagaimana kemampuan menyesuaikan diri siswa kelas X Jurusan Teknik SMK Negeri I Ngasem Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015? (3) Adakah hubungan positif antara komunikasi intrapersonal dengan kemampuan menyesuaikan diri siswa kelas X Jurusan Teknik SMK Negeri I Ngasem Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk angket tertutup yang analisis datanya dilakukan dengan teknik Korelasi Product Moment yang dibantu dengan software SPSS versi 16.00. Kesimpulan dalam hasil penelitian ini adalah (1) Tingkat komunikasi intrapersonal siswa kelas X Jurusan Teknik SMK Negeri I Ngasem Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014/2015 mayoritas baik, hal ini dilihat dari tabel kriteria, dimana diketahui bahwa pada skor antara 70-74 dengan frekuensi 12 siswa atau 33,33%. (2) Tingkat kemampuan menyesuikan diri siswa kelas X Jurusan Teknik SMK Negeri I Ngasem Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014/2015 tergolong baik, hal ini dilihat dari tabel kriteria dimana diketahui bahwa pada skor antara 80-84 dengan frekuensi 14 siswa atau 38,88%. (3) Ada hubungan antara komunikasi intrapersonal dengan kemampuan menyesuaikan diri siswa kelas X Jurusan Teknik SMK Negeri I Ngasem Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini berarti semakin baik komunikasi intrapersonal siswa maka semakin baik pula kemampuan menyesuaikan diri dan sebaliknya. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Konselor hendaknya memberi dorongan supaya siswa memiliki komunikasi intrapersonal yang tinggi sehingga siswa dapat meningkatkan kemampuan menyesuaikan diri dengan baik. (2) Guru hendaknya memberikan motivasi kepada siswa untuk percaya kepada kemampuan sendiri dan tidak merasa minder untuk meningkatkan komunikasi intrapersonal agar kemampuan menyesuaikan diri siswa juga meningkat. (3) Siswa hendaknya mampu meningkatkan kemampuan menyesuaikan diri dimulai dengan cara membangun komunikasi intrapersonal yang tinggi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI