PENGARUH FUNGSI TEMAN SEBAYA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL REMAJA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

HARENDHIKA PUTRA PRANOKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0134

Abstract

PENGARUH FUNGSI TEMAN SEBAYA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL REMAJA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Harendhika Putra Pranoka 11.1.01.01.0134 FKIP - BK Putra.samodra51@gmail.com Risaniatin Ningsih, S.Pd. M.Psi. dan Drs. Setya Adi Sancaya, M.Pd UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi para remaja belum mampu menjalankan tugas perkembangan sosialnya. Tugas perkembangan sosial remaja adalah tugas yang khas dimiliki oleh para remaja. Para remaja, disadari atau tidak, mereka harus memenuhi tugasnya tersebut, tetapi disatu sisi tantangan remaja untuk memenuhi tugas tersebut sangatlah berat. Sehingga para remaja membutuhkan orang lain misalnya keluarga, teman sebaya, dan lingkungan sosialnya, untuk memenuhi tugas perkembangan sosialnya Permasalahan penelitian ini adalah, adakah pengaruh yang signifikan antara fungsi teman sebaya terhadap perkembangan sosial remaja siswa kelas X SMA muhammadiyah kediritahun pelajaran 2014/2015? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kediri tahun ajaran 2014/2015. Dalam penelitian ini diambil keseluruhan siswa yaitu sejumlah 25 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah Tehnik korelasi product moment pearson dan dihitung menggunakan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penilaian fungsi teman sebaya yang dimiliki peserta didik sebesar144,36, dengan frekuensi 48% yangberjumlah 12 peserta didik mayoritas berkriteria baik. sedangkan rata-rata penilaian perkembangan sosial remaja yang dimiliki peserta didik sebesar 116,16 dengan frekuensi 40% yang berjumlah 10 peserta didikmayoritas berkriteria baik. Dan juga menunjukkan adanyapengaruh yang signifikan antara fungsi teman sebaya terhadap perkembangan sosial remaja siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kediri tahun pelajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan setiap peserta didik mampu memilih pengaruh teman sebaya yang bersifat positif dan membangun.Agar peserta didik mengembangkan perkembangan sosialnya dengan baik yang sesuai dengan norma yang berlaku. Kata kunci: Fungsi Teman Sebaya, Perkembangan Sosial Remaja

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI