PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS DARI ORANG TUA TERHADAP KARAKTER DIRI PESERTA DIDIK DI SMPN 1 NGUNUT TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
FURINDA RAFITA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0130
Abstract
ABSTRAK Pola asuh demokratis adalah pola asuh yang memperioritaskan kepentingan anak, akan tetapi tidak ragu-ragu mengendalikan mereka. Orang tua dengan pola asuh ini bersikap rasional, selalu mendasari tindakan pada rasio atau pemikiran. Pola asuh yang diberikan orang tua kepada anak juga akan mempengaruhi terbentuknya karakter pada anak. Karakter adalah cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerjasama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa ataupun Negara. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Kuantitatif dengan subyek penelitian peserta didik kelas VII SMPN 1 Ngunut. Dalam penelitian ini pengambilan data menggunakan angket yang dibagikan, kemudian data yang diperoleh berupa angka-angka yang merupakan jawaban dari peserta didik kelas VII SMPN 1 Ngunut tahun pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasi. Penelitian korelasi adalah suatu penelitian yang melibatkan tindakan pengumpulan data guna menentukan, apakah ada hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, karena sistem penulisan penelitian ini dalam bentuk korelasi antar variabel, yaitu variabel X (pola asuh demokratis) dan variabel Y (karakter diri). Artinya, variabel X memberikan peranan terhadap variabel Y. Dalam hal ini menunjukkan bahwa pola asuh demokratis mempengaruhi karakter diri peserta didik. Dari hasil analisis penelitian yang telah dilakukan, dengan menunjuk pada peserta didik kelas VII SMPN 1 Ngunut kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015 sebagai subjek penelitian untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara pola asuh demokratis dengan karakter. Sehingga hipotesis yang menyatakan hubungan rasa Pola asuh demokratis terhadap karakter peserta didik peserta didik kelas VII SMPN 1 Ngunut kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015 dapat diterima kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan pada hasil perhitungan dari analisis data dengan menggunakan Korelasi Pearson dengan hasil bahwa nilai rhitung (0,248) > rtabel (0,227 dengan 5%) artinya rhitung lebih besar dari r tabel dengan taraf signifikan 5% dengan kata lain ada hubungan pola asuh demokratis terhadap karakter peserta didik. Berdasarkan hasil kesimpulan hasil penelitian ini, diharapkan guru dapat digunakan sebagai masukan bahwa pentingnya memberikan wawasan terhadap pola asuh terhadap peserta didik dapat bermanfaat untuk membantu dan membimbing dalam menumbuh kembangkan moral, tingkah laku, dan sikap siswa yang berkarakter Kata Kunci: Pola Asuh Tua Demokratis, Karakter Peserta Didik