PENGARUH KELOMPOK TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU AGRESIFITAS PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA PAWYATAN DAHA KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

FEBRIYANA DWI WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0123

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa salah satu faktor yang berpengaruh kuat pada perilaku agresifitas adalah pengaruh kelompok teman sebaya. Perilaku agresifitas pada dasarnya dipengaruhi oleh banyak faktor yang saling terkait, baik yang berasal dari dalam diri seseorang maupun pengaruh dari keluarga dan pengaruh dari teman sebaya. Pada hakekatnya tidak ada faktor tunggal yang secara otomatis mempengaruhi perilaku seseorang. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana pergaulan kelompok teman sebaya peserta didik? (2) Bagaimana perilaku agresifitas peserta didik ? (3) Adakah pengaruh antara kelompok teman sebaya terhadap perilaku agresifitas peserta didik? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan subyek penelitian peserta didik kelas X di SMA Pawyatan Daha Kediri. Dalam penelitian ini terdapat populasi sebanyak 131 peserta didik dengan sampel 33 peserta didik diambil dengan cara sample random sampling yaitu 25% dari populasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan skala kelompok teman sebaya dan skala perilaku agresifitas. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Pergaulan kelompok teman sebaya peserta didik perlu adanya pengarahan, agar peserta didik dapat melakukan kegiatan kelompok yang baik, baik didalam maupun di luar sekolah (2) Kelompok teman sebaya adalah salah satu pengaruh perilaku agresifitas peserta didik, karena pada dasarnya tidak ada faktor tunggal yang secara otomatis mempengaruhi perilaku seseorang (3) Terdapat pengaruh antara kelompok teman sebaya terhadap perilaku agresifitas peserta didik. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: Dengan melakukan kegiatan kelompok yang baik, baik di dalam maupun di luar sekolah maka peserta didik akan dapat membedakan antara perbuatan yang baik dan buruk, serta dapat mawas diri dan tidak gampang terpengaruh dengan orang lain/kelompok teman sebaya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI