PENGARUH METODE ROLE PLAYING ( BERMAIN PERAN ) DALAM BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PATIANROWO TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015


Author (Penulis)

EVITA NUR LANTIKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0118

Abstract

PENGARUH METODE ROLE PLAYING ( BERMAIN PERAN ) DALAM BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PATIANROWO TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015 EVITA NUR LANTIKA 11.1.01.01.0118 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan – Program Studi Bimbingan dan Konseling lantikaevitanur5@gmail.com Vivi Ratnawati, S.Pd., M.Psi dan Dra. Endang Ragil WP, M.Pd UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan bahwa masih banyak peserta didik yang masih kurang mampu dalam berinteraksi sosial. Hal ini ditunjukandengan gejala-gejala diantaranya, terdapat peserta didik yang kurang mampu menjalin hubungan baik dengan guru,dan teman-temannya, tidak mau bekerja sama, jarang atau takut berkomunikasi dengan teman sebaya, orang tua bahkan orang yang disekitarnya, serta kurangnya memahami aturan-aturan yang terjadi dilingkungan sekolah maupun dilingkungan masyarakat. Permasalahan penelitian ini adalah adakah pengaruh metede Role Playing (Bermain Peran) dalam bimbingan kelompok terhadap kemampuan interaksi sosial siswa? Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VII SMP Negeri 2 Patianrowo.Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design, menggunakan instrumen berupa skala interaksi sosial dan dilakukan perlakuan (treatment). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah ada pengaruh penggunaan metode Role Playing (Bermain Peran) dalam bimbingan kelompok terhadap kemampuan interaksi sosial siswa, yang diperoleh berdasarkan hasil perhitungan analisis rumus t-test yaitu diperoleh thitung sebesar 13,649. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, bahwa semakin sering diadakan teknik permainan khususnya bermain peran dalam bimbingan kelompok maka bertambah pula kemampuan interaksi sosial siswa, dan konselor masih perlumengembangkan dan mengoptimalkan teknik permainan kepada siswa yang berperan dalam membentuk interaksi sosial siswa baik disekolah maupun dilingkungan sekitarnya. Kata Kunci: Metode Role Playing (Bermain Peran), Bimbingan Kelompok, Interaksi Sosial. ?

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI