PENGARUH MOTIVASI DARI GURU TERHADAP SEMANGAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KELAS X TKR DI SMK PGRI 4 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ERNA EKA FITRIYA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0115

Abstract

Motivasi adalah proses memberi semangat, arah, dan kegigihaan perilaku. Artinya perilaku yang termotivasi adalah perilaku yang penuh energi, terarah, dan bertahan lama.Semangat kerja adalah melakukan pekerjaan secara lebih giat, sehingga dengan demikian pekerjaan akan dapat diharapkan lebih cepat dan lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) motivasi yang diberikan guru kepada peserta didik kelas X TKR SMK PGRI 4 Kediri, (2) semangat belajar peserta didikkelas X TKR SMK PGRI 4 Kediri, (3) pengaruh motivasi guru terhadap semangat belajarpeserta didik kelas X TKR SMK PGRI 4 Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasi.Penelitian korelasi adalah suatu penelitian yang melibatkan tindakan pengumpulan data guna menentukan, apakah ada hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih.Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, karena sistem penulisan penelitian ini dalam bentuk korelasi antar variabel, yaitu variabel X (motivasi guru) dan variabel Y (semangat belajar).Artinya, variabel X memberikan peranan terhadap variabel Y. Dalam hal ini menunjukkan bahwa motivasi guru mempengaruhi semangat belajar peserta didik. Dari hasil analisis penelitian yang telah dilakukan, dengan menunjuk pada peserta didik kelas X TKR di SMK PGRI 4 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015sebagai subjek penelitian untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara motivasi guru dengan semangat belajar. Sehingga hipotesis yang menyatakan hubungan motivasi guru terhadap semangat belajar peserta didik peserta didik kelas X TKR di SMK PGRI 4 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015 dapat diterima kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan pada hasil perhitungan dari analisis data dengan menggunakan Korelasi Pearson dengan hasil bahwa nilai rhitung (0,952) >rtabel (0,244 dengan 5%) artinya rhitung lebih besar dari r tabel dengan taraf signifikan 5% dengan kata lain ada hubungan motivasi guru terhadap semangat belajar peserta didik. Disarankan bagi guru dapat memberikan bantuan dan arahan kepada peserta didik khususnya dalam meningkatkan semangat belajar peserta didik. Kata kunci: motivasi guru, semangat belajar ?

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI