HUBUNGAN ANTARA PERCAYA DIRI DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ERMA NOFI SRICAHYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0114

Abstract

Abstrak ERMA NOFI SRICAHYANTI: Hubungan Antara Percaya Diri dengan Komunikasi Interpersonal Kelas VIII SMP Negeri 5 Kediri, Skripsi, BK, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci : Percaya Diri, komunikasi interpersonal Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti. Dalam sekolah terdapat berbagai siswa yang berasal dari latar belakang yang berbeda-beda, hal ini menjadikan siswa merasa kurang percaya diri sehingga sulit beradaptasi sehingga menyebabkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa jg kurang yang dapat menghambat siswa tumbuh secara optimal. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana tingkat percaya diri siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kediri tahun pelajaran 2014/2015? (2) Bagaimana kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kediri tahun pelajaran 2014/2015? (3) Adakah hubungan antara percaya diri dan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kediri tahun pelajaran 2014/2015? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk angket tertutup yang analisis datanya dilakukan dengan teknik Korelasi Product Moment yang dibantu dengan software SPSS versi 16.00. Kesimpulan dalam hasil penelitian ini adalah (1) Tingkat percaya diri siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kediri tahun pelajaran 2014/2015 tergolong baik, hal ini dilihat dari tabel kriteria, dimana diketahui bahwa pada interval ketiga skor antara 73 - 80 dengan frekuensi 24 siswa atau 34,29 %. (2) Tingkat komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kediri tahun pelajaran 2014/2015 tergolong baik, hal ini dilihat dari tabel kriteria, dimana diketahui bahwa pada interval ketiga skor antara 82 - 87 dengan frekuensi 19 siswa atau 27,14 %. (3) Ada hubungan antara percaya diri dengan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kediri tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini berarti semakin baik percaya diri siswa maka semakin baik juga kemampuan komunikasi interpersonalnya dan sebaliknya. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Konselor hendaknya memberi dorongan supaya siswa memiliki kepercayaan diri yang tinggi sehingga siswa dapat meningkatkan komunikasi interpersonalnya dengan baik. (2) Guru hendaknya memberikan pelatihan kepada siswa untuk tampil dan mengerjakan tugas di depan kelas untuk meningkatkan percaya diri agar kemampuan komunikasi interpersonal siswa juga meningkat. (3) Siswa hendaknya mampu meningkatkan komunikasi interpersonalnya dimulai dengan cara membangun kepercayaan diri yang tinggi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI