HUBUNGAN ANTARA PENGELOLAAN EMOSI DENGAN PERILAKU AGRESIF PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMAN 3 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

ENDANG IRNAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0108

Abstract

Endang Irnawati. Hubungan Antara Pengelolaan Emosi Dengan Perilaku Agresif Peserta Didik Kelas Xi di SMAN 3 Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Bimbingan Konseling. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Kata Kunci: pengelolaan emosi, perilaku agresif Mengelola emosi adalah mampu mengelola emosinya yang sedang dihadapinya.Perilaku agresif biasanya digambarkan dengan hal-hal yang bersifat fisik tetapi seringkali agresif ditunjukkan dalam bentuk kerugian secara psikologis seperti merasa diabaikan, merasa kecewa, dan sedih. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara pengelolaan emosi dengan perilaku agresif peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasi. Penelitian korelasi adalah suatu penelitian yang melibatkan tindakan pengumpulan data guna menentukan, apakah ada hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, karena sistem penulisan penelitian ini dalam bentuk korelasi antar variabel, yaitu variabel X1 (pengelolaan emosi) dan variabel Y (perilaku agresif. Artinya, variabel X memberikan peranan terhadap variabel Y. Dalam penelitian ini jumlah sampel yang digunakan dari sebanyak 323 menjadi 64 peserta didik yaitu dengan mengambil sebanyak 40% dari jumlah populasi. Analisis data menggunakan korelasi pearson product moment. Berdasarkan hasil uji product moment diperoleh rhitung sebesar 0,354 pada probabilitas sig.(2-tailed) 0,004 dengan N = 64 (pada taraf signifikansi 5%) sedangkan nilai rtabel = 0,254 sehingga dari hasil analisis diperoleh hasil nilai rhitung (0,354) > r tabel (0,254 dengan taraf signifikansi 5%) artinya H0 ditolak ada hubungan signifikan antara pengelolaan emosi dengan perilaku agresif peserta didik. Bagi para guru diharapkan dapat memperhatikan masalah perilaku agresif pada peserta didik yang terjadi dalam lingkungan sekolah dan menciptakan lingkungan sekolah menjadi nyaman sehingga membantu kelancaran proses belajar mengajar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI