HUBUNGAN ANATARA INTERAKSI SOSIAL DENGAN PERCAYA DIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMK TI PELITA NUSANTARA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

ENDAH NURROHMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0107

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan studi pendahuluan. Bahwa di SMK TI PN Masih banyak peserta didik yang kurang berinteraksi sosial dengan lingkungan sekitar lebih memilih menggunakan gadget untuk berinteraksi sosial karena kurang percaya diri antara peserta didik yang satu dengan yang lainya. Akibatnya peserta didik canggung dan malu-malu saat di suruh maju kedepan untuk menyampaikan pendapat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik korelasi product moment person. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket interaksi sosial dan percaya diri. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK TI PN Kediri yang berjumlah 20 peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan nilaithitung ttabel (0,842 > 0,444) dengan taraf signifikasi 0,05. Sehingga dapat disimpulkan ada hubungan antara interaksi sosial dengan percaya diri peserta didik kelas XI di SMK TI PN Kediri. Dari penelitian ini diharapkan guru bimbingan dan konseling dapat menggunakan penelitian ini untuk di jadikan sumber dan bahan kedalam bimbingan sesuai dengan teknik yang digunakan untuk membnatu siswa yang kurang percaya diri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI