HUBUNGAN ANATARA INTERAKSI SOSIAL DENGAN PERCAYA DIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMK TI PELITA NUSANTARA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
ENDAH NURROHMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0107
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan studi pendahuluan. Bahwa di SMK TI
PN Masih banyak peserta didik yang kurang berinteraksi sosial dengan lingkungan sekitar lebih
memilih menggunakan gadget untuk berinteraksi sosial karena kurang percaya diri antara peserta didik
yang satu dengan yang lainya. Akibatnya peserta didik canggung dan malu-malu saat di suruh maju
kedepan untuk menyampaikan pendapat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif
dengan teknik korelasi product moment person. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
angket interaksi sosial dan percaya diri. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK TI PN
Kediri yang berjumlah 20 peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan nilaithitung ttabel (0,842 >
0,444) dengan taraf signifikasi 0,05. Sehingga dapat disimpulkan ada hubungan antara interaksi sosial
dengan percaya diri peserta didik kelas XI di SMK TI PN Kediri. Dari penelitian ini diharapkan guru
bimbingan dan konseling dapat menggunakan penelitian ini untuk di jadikan sumber dan bahan
kedalam bimbingan sesuai dengan teknik yang digunakan untuk membnatu siswa yang kurang percaya
diri.