PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR KELAS VIII-7 DI UPTD SMP NEGERI 1 PRAMBON TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ENDAH KURNIASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0106

Abstract

Endah Kurniasari: Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Minat Siswa dalam Mengikuti Bimbingan Belajar Kelas VIII-7 Di UPTD SMP Negeri 1 Prambon Tahun Ajaran 2014/2015, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci: Media Audiovisual, Minat, Bimbingan Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman pada saat melaksanakan kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan di sekolah tersebut, bahwa pemberian layanan dengan menggunakan media audiovisual masih jarang dilakukan kepada siswa. Selain itu,pemberian layanan kerap kali masih menggunakan metode ceramah. Akibatnya proses pemberian layanan berjalan kurang efektif dan minat siswa untuk mrngikuti bimbingan belajar menjadi berkurang. Hal tersebut nampak dari banyaknya siswa yang masih malas-malasan ketika pemberian layanan sedang berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh tidaknya penggunaan media audiovisual terhadap minat siswa dalam mengikuti bimbingan belajar kelas VIII-7 Di UPTD SMP Negeri 1 Prambon tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VIII-7 di UPTD SMP Negeri 1 Prambon. Penelitian dilaksanakan dengan cara memberikan perlakuan dengan memberikan layanan berbasis audiovisual dengan metode cinema. Dalam penelitian ini sampel yang akan diteliti adalah 36 siswa. Karena mengingat sedikitnya populsi kelas VIII-7 maka dalam penelitian ini tidak menggunakan teknik sampel. Jumlah keseluruhan dalam penelitian ini adalah laki-laki berjumlah 12 dan perempuan berjumlah 24, sehingga jumlah total menjadi 36. Untuk analisis data menggunakan rumus pre-test dan post-test One Group Design dengan membandingkan data dari hasil sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan. Dari hasil analisis uji-t, didapat nilai thitung sebesar 9,942 dan ttabel dengan db (N – 1) = 35 dan taraf signifikasi 5% (0,05) sebesar 3,591. Karena thitung > ttabel , 9,942 > 3,591, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audiovisual berpengaruh untuk meningkatkan minat siswa dalam mengikuti bimbingan belajar kelas VIII-7 di UPTD SMP Negeri 1 Prambon kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil penelitian ini terbukti bahwa penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan minat siswa dalam mengikuti bimbingan belajar. Oleh sebab itu konselor sekolah hendaknya lebih memaksimalkan pemberian layanan bimbingan belajar dengan menggunakan berbagai media yang ada sekarang ini kepada siswa agar lebih berminat dalam mengikuti bimbingan belajar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI