HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PEMILIHAN JENIS KARIR SISWA KELAS IX SMPN 2 GROGOL TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

ELI SETYOWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0102

Abstract

ABSTRAK Eli Setyowati: Hubungan antara Konsep Diri dengan Pemilihan Jenis Karir Siswa Kelas IX di SMPN 2 GROGOL Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, BK, FKIP UNP Kediri, 2015.Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa konsep diri siswa sangat berpanguruh dalam siswa memilih sebuah jenis karir. Jika konsep diri siswa negatif maka siswa akan sulit memahami dan menilai diri sendiri sehingga siswa akan sulit memilih sebuah karir yang sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Permasalahanpenelitianiniadalah (1) Bagaimana Konsep Diri Siswa? (2) BagaimanaPemilihan Jenis Karir Siswa? (3) Adakah hubungan antara Konsep Diri dengan Pemilihan Jenis Karir Siswa?.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan subyek penelitian peserta didik kelas IX SMPN 2 GROGOL. penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan skala konsep diri dan inventori pemilihan jenis karir.Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Konsep diri siswa perlu adanya sebuah peningkatan untuk memaksimalkan dalam memilih sebuah karir (2) Pemilihan jenis karir terdapat faktor penting yaitu adanya konsep diri yang positif (3) Terdapat hubungan antara konsep diri dengan pemilihan jenis karir siswa.Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: Dengan adanya konsep dirir yang positif pada siswa maka akan mempermudah siswa dalam memilih sebuah karir. Kata Kunci: Konsep diri, Pemilihan jenis karir.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI