KORELASI ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PERILAKU AGRESIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEMEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

EKA WAHYUNING ARINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0101

Abstract

ABSTRAK EKA WAHYUNING ARINI: Korelasi Antara Kecerdasan Emosional Dengan Perilaku Agresif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Semen Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, Bimbingan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2011 Kata kunci : Kecerdasan Emosional, Perilaku Agresif Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pada usia remaja, remaja cendrung kurang bisa mengontrol emosinya. Akibatnya mereka cenderung berperilaku agresif. Perumusan masalah penelitian yaitu “adakah korelasi antara kecerdasan emosional dengan perilaku agresif pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Semen Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016”. Tujuan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara kecerdasan emosional dengan perilaku agresif pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Semen Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016”. Hipotesis peneltian ini adalah: “ada korelasi antara kecerdasan emosional dengan perilaku agresif pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Semen Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016”. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII dengan jumlah 48 siswa dari jumlah populasi 320 siswa. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif jenis korelasional dan menggunakan teknik analisis korelasi bivariat dengan teknik korelasi Product Moment dari Karl Pearson.. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Hasil analisis data kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMPN 1 Semen termasuk dalam kategori sedang dengan prosentase 50%. (2) Hasil analisis data perilaku agresif siswa kelas VIII SMPN 1 Semen termasuk dalam kategori sedang dengan prosentase 50%. (3) Hubungan kecerdasan emosional dengan perilaku agresif menunjukkan adanya korelasi negatif (dengan nilai rxy= -0,293). Berdasarkan pada simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Konselor hendaknya dapat memberikan layanan informasi tentang kecerdasan emosional dan cara meningkatkan kecerdasan emosional agar dapat terhindar dari perilaku agresif yang negatif dan merugikan. (2) Orang tua hendaknya selalu memantau perkembangan dan sifat anaknya, serta memberikan nasihat dan arahan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI