EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KARIR DENGAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN PENGEMBANGAN KARIR SISWA KELAS X SMKN 2 KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

DODIK ADITYA KRISTANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0093

Abstract

ABSTRAK Dodik Aditya Kristanto : Efektivitas Layanan Bimbingan Karir Dengan Teknik Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Perencanaan Pengembangan Karir Siswa Kelas X SMKN 2 KEDIRI Tahun Ajaran 2015/2016 Kata Kunci : Bimbingan karir, teknik diskusi kelompok,perencanaan karir,pengembangan karir Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak ditemukan siswa lulusan SMK ketika mencari pekerjaan tidak sesuai dengan kompetensi/kemampuan yang dimilikinya dan tidak sesuai dengan jurusan yang ditempuh ketika di SMK. Banyak tamatan yang menganggur setelah lulus dan bekerja tidak sesuai jurusan yang ditempuh. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana tingkat partisipasi siswa dalam proses bimbingan karir dengan teknik diskusi kelompok ? (2) Apakah layanan bimbingan karir dengan teknik diskusi kelompok efektif untuk meningkatkan perencanaan pengembangan karir siswa kelas X SMKN 2 KEDIRI ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan desain SSD (Single Subjek Desain) dengan desain A-B.Prosedur pengumpulan data menggunakan angket,observasi dan wawancara.Subjek pada penelitian ini sebanyak 1 siswa kelas X Multimedia SMKN 2 Kediri.Data utama yang dianalisis adalah hasil wawancara.Pada fase baseline dilakukan 3 kali untuk mengetahui perencanaan pengembangan karir siswa sebelum diberikan intervensi dan fase intervensi dilakukan sebanyak 3 kali dengan pemberian perlakuan layanan bimbingan karir dengan teknik diskusi kelompok. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan secara garis besar bahwa partisipasi siswa dalam proses bimbingan karir dengan teknik diskusi kelompok cukup baik,siswa aktif dalam proses diskusi kelompok.Penerapan layanan bimbingan karir dengan teknik diskusi kelompok efektif untuk meningkatkan perencanaan pengembangan karir siswa kelas X SMKN 2 KEDIRI. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini,direkomendasikan: Konselor dalam pemberian layanan bimbingan karir menggunakan teknik diskusi kelompok.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI