HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PERENCANAAN KARIR DALAM MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 8 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
DINA OFTAVIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0089
Abstract
ABSTRAK
Dina Oftaviana: Hubungan Konsep Diri Dengan Perencanaan Karir Dalam Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 8 Kota Kediri, Skripsi, BK, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata kunci: konsep diri, perencanaan karir dalam melanjutkan studi ke perguruan tinggi.
Penelitian ini dilatar belakangi dari ketertarikan penulis tentang perencanaan karir khususnya dalam melanjutkan studi ke perguruan tinggi yang ada di kelas XII. Dari pengalaman pengamatan peneliti, siswa kelas XII yang seharusnya sudah mampu membuat suatu perencanaan karir khususnya dalam melanjutkan studi ke perguruan tinggi tetapi mereka masih saja merasa bingung terhadap perencanaan karirnya, dikarenakan mereka masih belum paham bagaimana konsep dirinya.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah konsep diri dan perencanaan karir dalam melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa kelas XII? (2) Apakah konsep diri dengan perencanaan karir dalam melanjutkan studi ke perguruan tinggi kelas XII memiliki hubungan yang erat?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 8 Kota Kediri yang berjumlah 332 siswa. Peneliti mengambil sampel sebesar 10% dari jumlah populasi dengan menggunakan teknik random sampling yaitu pengambilan secara acak. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Korelasi Product Moment dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah ada hubungan yang positif antara konsep diri dengan perencanaan karir dalam melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Hal tersebut dapat dilihat pada perhitungan korelasi product moment bahwa r hitungnya adalah 0,615 pada taraf signifikansi (0,05) harga r tabel sebesar 0,349 maka r hitung > r tabel sehingga dapat disimpulkan adanya hubungan yang signifikan.