HUBUNGAN LAYANAN INFORMASI BIMBINGAN BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK PGRI 4 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

DIAN RAHMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0087

Abstract

ABSTRAK Dian Rahmawati: Hubungan Layanan Informasi Bimbingan Belajar dengan Motivasi Belajar Siswa kelas X SMK PGRI 4 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Kata kunci: layanan informasi bimbingan belajar, motivasi belajar. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kurang adanya pemberian layanan informasi bimbingan belajar oleh guru BK yang akan berdampak pada motivasi belajar siswa. Akibatnya banyak siswa kurang mempunyai motivasi dalam belajarnya. Layanan informasi bimbingan belajar merupakan suatu proses pemberian bantuan kepada siswa dalam menyelesaikan masalah-masalah belajar yang dihadapi siswa, sehingga tercapai tujuan belajar yang diinginkannya. Oleh karena itu dalam diberikannya layanan informasi bimbingan belajar ini diharapkan dapat menumbuhkan motivasi belajar pada setiap siswa. Motivasi belajar merupakan dorongan/kekuatan dari dalam diri seseorang yang sewaktu-waktu dapat muncul karena adanya kebutuhan untuk mencapai tujuan belajar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adakah hubungan layanan informasi bimbingan belajar dengan motivasi belajar siswa. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK PGRI 4 Kediri, sampel sebanyak 72 siswa diambil dengan teknik Proportional Random Sampling di mana populasi keseluruhan sebanyak 356 siswa dan diambil 20% nya yang dijadikan sampel sehingga didapat 72 siswa yang menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala layanan informasi bimbingan belajar dan motivasi belajar. Hipotesis diuji menggunakan teknik analisis korelasi product moment for windows v.21. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,202 nilai ini lebih besar dari nilai ? sebesar 0,05 sehingga hipotesis yang berbunyi ada hubungan layanan informasi bimbingan belajar dengan motivasi belajar siswa kelas X SMK PGRI 4 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015 ditolak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI