PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VII DI MTs GUNUNG JATI GURAH


Author (Penulis)

DIAN FEBRI NUR'AINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0083

Abstract

Abstrak: Dian Febri Nur’aini: Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok Terhadap Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII MTs Gunung Jati Gurah Kata kunci: bimbingan kelompok, diskusi kelompok, kesulitan belajar. Penelitian ini di latar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa Masih banyak di temukan nilai di bawah KKM yang di tetapkan minimal KKM adalah 75%, selain itu siswa yang mengalami masalah dengan belajarnya biasanya ditandai adanya gejala: 1) Menunjukkan prestasi rendah yang dicapai oleh kelompok kelas, 2) Hasil yang dicapai tidak seimbang dengan usaha yang dilakukan. Ia berusaha dengan keras tetapi nilainya selalu rendah, 3) Lambat dalam mengerjakan tugas-tugas belajar. Ia selalu tertinggal dengan kawan-kawannya dalam semua hal, misalnya dalam mengerjakan soal-soal dalam menyelesaikan tugas-tugas, 4) Menunjukkan sikap yang kurang wajar, seperti: acuh tak acuh, berpura-pura, dan lain-lain,5) Menunjukkan tingkah laku yang berlainan, 6) Anak didik yang tergolong memiliki IQ tinggi, yang secara potensial mereka seharusnya meraih prestasi belajar yang tinggi, tetapi kenyataannya mereka mendapatkan prestasi belajar yang rendah,7) Anak didik yang selalu menunjukkan prestasi belajar yang tinggi untuk sebagian besar mata pelajaran, tetapi di lain waktu prestasi belajarnya menurun drastis. Permasalahan penelitian ini adalah apakah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan tehnik diskusi kelompok terhadap kesulitan belajar siswa di sekolah? Perlakuan yang dilakukan dalam penelitian adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok untuk mengatasi kesulitan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen desain pre – experimental teknik one – group pretest – posttest, Kesimpulan dari penelitian ini adalah “Ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok terhadap kesulitan belajar siswa di MTs Gunung jati Gurah di tunjukkan dengan hasil perhitungan uji-t thitung sebesar 15,56 > ttabel 5% sebesar 1,708 ” Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, di rekomendasikan : 1. Bagi Guru Bimbingan dan Konseling Diharapkan guru Bimbingan dan Konseling dapat memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok sehingga siswa mampu mengatasi kesulitan dalam belajar.2. Bagi Orang tua Diharapkan orang tua memberi motivasi serta mendorong putra – putrinya agar selalu belajar.3. Bagi Siswa Diharapkan siswa mau belajar lebih giat lagi seperti halnya yang di ajarkan dalam materi untuk mengatasi kesulitan belajar dengan cara belajar kelompok siswa di harapkan dapat melaksanakan belajar kelompok untuk dapat mengatatasi kesulitan belajar yang di alaminya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI