KENDALA YANG DIALAMI GURU BK SERTA CARA PENGENTASANNYA DALAM MEMINIMALKAN PELANGGARAN PESERTA DIDIK KELAS VIII UPTD SMPN 1 PRAMBON TAHUN PELAJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

DIAH TRIWAHYUNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0082

Abstract

ABSTRAK Diah Triwahyuni: Kendala Yang Dialami Guru BK Serta Cara Pengentasannya Dalam Meminimalkan Pelanggaran Peserta Didik Kelas VIII UPTD SMPN 1 Prambon Tahun Pelajaran 2014-2015. Skripsi, BK, FKIP UNP KEDIRI, 2015. Kata Kunci: Kedisiplinan, moral, pelanggaran, tata tertib Kedisiplinan merupakan kunci utama bagi peserta didik dalam mewujudkan cita-citanya.Banyak hal yang dilakukan untuk mewujudkan kedisiplinan anak, salah satunya adalah dengan dukungan dari pihak sekolah dan orang tua, dan menciptakan lingkungan yang kondusif bagi perkembangan moral anak.Apabila dalam lingkungan yang kondusif, dan mampu mencerminkaankebiasaan sopan santun yang baik, maka anak akan memiliki kesadaran dalam berdisiplin, rasa percaya diri, dan mampu menyesuaikan diri dengan yang lingkungan disekitarnya. Namun jika tidak adanya dukungan dari orang tua dan pihak sekolah, sertalingkungan yang kurang kondusif,maka akan membentuk perilaku anak yang tidak disiplin dan tidak berperilaku baik yang kemudian akan berdampak tidak baik pula bagi pencapaian cita-cita anak Tujuan dari penelitian ini yang pertama untuk memperoleh data tentang kedisiplinan anak. Kedua untuk memperoleh data tentang kendala yang dialami guru BK dalam meminimalkan pelanggaran peserta didik. Ketiga untuk mengetahui cara pengentasannya dalam meminimalkan pelanggaran peserta didik Sedangkan untuk memperoleh data sebagaimana dimaksudkan dalam hal ini digunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara dan observasi mendalam. Adapun subjek dan objek penelitiannya adalah peserta didik kelas VIIIUPTD SMPN 1 Prambon tahun pelajaran 2014-2015 Dalam analisis data tersebut digunakan teknik wawancara dan observasi mendalam sehingga diperoleh hasil bahwa kendala yang dialami guru BK dalam meminimalkan pelanggaran peserta didik kels VIII adalah kurang adanya kesadaran dari peserta didik itu sendiri akan pentingnya hidup disiplin dan kurang adanya dukugan dari keluarga, serta lingkungan yang kurang kondusif. Cara pengentasannya adalah dengan melakukan sosialisasiakan pentignya melakukan hidup disiplin, melakukan koordinasi dan kerja sama dengan pihak sekolah dan orang tua serta sebisa mungkin menciptakan lingkungan yang kondusif bagi anak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-29

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI