PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI SISWA SMK PGRI 3 KEDIRI 2014-2015


Author (Penulis)

DEWIS NADO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0080

Abstract

Abstrak Dewis Nado: Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Meningkatkan Rasa Percaya diri Siswa kelas X SMK PGRI 3 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, BK, FKIP UNP KEDIRI, 2015. Kata kunci:Layanan bimbingan kelompok, rasa percaya diri Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti yang pernah melaksanakan kegiatan PPL di sekolah tersebut, bahwa banyak siswa yang belum pernah melakukan bimbingan kelompok dan masih banyak siswa yang kurang percaya diri. Akibatnya kesulitan dalam beradaptasi, Kurang yakin dengan kemampuan yang dimiliki serta merasa takut mengeluarkan pendapat. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama kelas X SMK PGRI 3 Kediri? (2) Bagaimana tingkat kepercayaan diri siswa kelas X SMK PGRI 3 Kediri? (3) adakah pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap peningkatkan rasa kepercaya diri siswa pada tahun ajaran 2014/2015? Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas X SMK PGRI 3 Kediri. Penelitian dilaksanakan dengan cara memberikan perlakuan melalui bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama atau bermain peran serta pengisian angket pre-tes dan post-tes. Sampel yang dijadikan subyek penelitian berjumlah 28 siswa yang diambil dengan menggunakan nonprobability sampling dengan jenis sampling Penuh. Untuk teknik analisa data yang digunakan adalah teknik Ujitdengan menggunakan program Microsoft Office Excel 2007. Berdasarkan rumus t-test menyatakan bahwa pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap peningkatan rasa percaya diri siswa kelas X SMK PGRI 3 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015,hasil dengan N= 24 diperoleh hasil perhitungan thitung 0,298. Bila dikonsultasikan dengan t tabel N= 24 pada taraf signifikan 5% di peroleh 2,064 dengan demikian t hitung lebih kecil besar dari t tabel (0,298 < 2,064). Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada: (1) Bagi Sekolah hendaknya dapat memberikan jam khusus untuk pelaksanaan bimbingan kelompok agar bimbingan dan konseling dapat dilaksanakan secara maksima (2) Bagi Konselor agar lebih mendekatkan diri dengan siswa untuk membantu mengatasi permasalahan yang dialami oleh siswa. (3) siswa hendaknya dapat memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling yang ada di sekolah khususnya bimbingan kelompok dalam membantu meningkatkan rasa kepercayaan diri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-23

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI