HUBUNGAN ANTARA KEGIATAN MENONTON ACARA TELEVISI DENGAN PELANGGARAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS XSMK PGRI 4 KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

DEWI RETNO WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0078

Abstract

ABSTRAK Dewi Retno Wulandari: Hubungan Kegiatan Menonton Acara Televisi dengan Pelanggaran Kedisiplinan Belajar Siswa kelas X SMK PGRI 4 Kota Kediri, Skripsi, BK, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci: Menonton Acara Televisi, Pelanggaran Kedisiplinan Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kegiatan menonton acara televisi dengan pelanggaran kedisiplinan belajar siswa di SMK PGRI 4 Kota Kediri sangat berpengaruh. Karena jika anak terlalu sering menonton acara televisi maka akan berpengaruh dalam pelanggaran kedisiplinan belajar mereka. Hal ini terjadi karena kekuatan audiovisual televisi yang menyentuh segi-segi kejiwaan anak. Permasalahan penelitian ini adalah Adakah hubungan kegiatan menonton televisi dengan pelanggaran kedisiplinan belajar siswa kelas X di SMK PGRI 4 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas X SMK PGRI 4 Kota Kediri. Penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan angket kegiatan menonton acara televisi dan pelanggaran kedisiplinan belajar siswa yang akan diteliti. Dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk memperoleh data/informasi tentang hubungan kegiatan menonton televisi dengan pelanggaran kedisiplinan belajar siswa kelas X di SMK PGRI 4 Kota Kediri tahun pelajaran 2014/2015. Sampel berjumlah 125 siswa. Analisis data menggunakan perhitungan analisis uji (r) dengan perbantuan SPSS 16,0 for windows. Berdasarkan analisis data di peroleh kesimpulan sebagian besar siswa kelas X di SMK PGRI 4 Kota Kediri memiliki kegiatan menonton televisi yang tinggi yaitu 29 siswa (23,2%) dari responden penelitian. Berdasarkan hasil analisis data sebesar 0,646 pada taraf signifikansi 5% dengan N = 125, sedangkan (0,176) artinya ada hubungan yang positif dan signifikan antara kegiatan menonton acara televisi dengan pelanggaran kedisiplinan belajar siswa.Oleh karena itu, orang tua sebagai pendidik yang utama lebih menyediakan waktu agar anak tidak merasa sendiri dan kurang perhatian serta dapat memotivasi anak agar lebih disiplin belajar. Kata Kunci: HUBUNGAN ANTARA KEGIATAN MENONTON ACARA TELEVISI ,PELANGGARAN KEDISIPLINAN BELAJAR

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-22

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI