PENGARUH KEYAKINAN PADA KEMAMPUAN DIRI SENDIRI (EFIKASI DIRI) TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMK BHAKTI MULIA PARE KEDIRI 2014/2015
Author (Penulis)
DEVY ZUANA PUTRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0072
Abstract
Abstrak
Devy Zuana Putri: Pengaruh Keyakinan Pada Kemampuan Diri Sendiri (Efikasi Diri) Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI SMK Bhakti Mulia Pare Kediri, Skripsi, BK, FKIP UNP KEDIRI, 2015.
Kata kunci: keyakinan, kemampuan diri sendiri, efikasi diri, kemandirian belajar.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa keyakinan pada kemampuan diri (efikasi diri) berhubungan pada kemandirian belajar, masih banyak siswa yang memiliki kemandirian belajar yang rendah dengan ciri-ciri: beberapa siswa yang sering terlambat datang ke sekolah, tidak manyelesaikan tugas, mencontek saat ulangan, kurang memanfaatkan perpustakaan serta membolos sekolah dengan berbagai alasan.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana keyakinan pada kemampuan diri sendiri (efikasi diri)? (2) Bagaimana kemandirian belajar? (3) Apakah ada pengaruh antara keyakinan pada kemampuan diri sendiri (efikasi diri) dengan kemandirian belajar?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas XI SMK Bhakti Mulia Pare. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan instrument berupa angket, yaitu angket keyakinan pada kemampuan diri sendiri (efikasi diri) dan angket kemandirian belajar siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS versi 16.00.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Sebagian besar siswa telah mencapai tingkat efikasi diri yang tinggi. Artinya, siswa cenderung meyakini dirinya dalam menyelesaikan tugas belajarnya. (2) Secara umum tingkat kemandirian belajar siswa berada dalam kategori tinggi. Artinya, siswa mulai belajar terlepas dari ketergantungan dengan orang tua secara emosional, mampu memilih alternatif keputusan serta memaknai nilai prinsip pribadi. (3) Ada pengaruh antara efikasi diri terhadap kemandirian belajar siswa, hal ini ditunjukkan dengan hipotesis alternatif diterima. Siswa yang memiliki efikasi diri yang tinggi, cenderung memiliki perencanaan yang matang, berinisiatif dan tidak tergantung pada orang lain. Perilaku tersebut mendorong siswa untuk lebih mandiri dalam belajar dalam menyelesaikan tugas-tugasnya.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan: (1) Faktor efikasi diri berpengaruh dalam kemandirian belajar, untuk itu perlu ditingkatkan, ditanam dan dilatih serta dibiasakan untuk selalu yakin dan percaya pada kemampuan diri sendiri guna kemandirian dalam belajarnya. (2) Berangkat dari efikasi diri maka akan tercipta kemandirian dalam belajar. (3) Efikasi diri yang kuat akan membentuk pribadi individu yang mandiri dalam mengerjakan segala sesuatu, karena individu yakin akan kemampuan dirinya. (4) Dengan efikasi diri siswa yang tinggi dapat memperkuat kemandirian dalam melakukan segala hal dan khususnya dalam belajar.