HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PENGEDALIAN PERILAKU AGRESIF PESERTA DIDIK KELAS X SMK PGRI 3 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

DEVI INDAH SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0070

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, Remaja dipandang sebagai periode perubahan, baik dalam hal fisik, minat, sikap, perilaku, maupun dalam hal emosi. Tingkat perubahan dalam sikap dan perilaku dalam masa remaja sejajar dengan tingkat perubahan fisiknya yang semakin berkembang pada masa remaja banyak perubahan yang bersifat universal. Seperti perkembangan fisik, minat, dan salah satunya semakin meningginya emosi remaja. Perubahan emosi biasanya semakin cepat selama awal masa remaja. Hal tersebut tampak dari kecerdasan emosional peserta didik yang rendah, yang pada akhirnya menimbulkan perilaku agresif peserta didik. Permasalahan penelitian ini adalah adakah hubungan antara kecerdasan emosional terhadap pengendalian perilaku agresif peserta didik? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Kuantitatif dengan subyek penelitian peserta didik Kelas X SMK PGRI 3 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan dalam satu siklus, menggunakan instrumen berupa angket kecerdasan emosional dan perilaku agresif peserta didik, yang masing-masing variabel mempunyai item pernyataan sebanyak 20 item. Teknik yang digunakan dalam menjaring data yaitu cluster sampling (area sampling). Teknik sampling daerah digunakan untuk menentukan sampel bila objek yang diteliti atau sumber data sangat luas. Jumlah total populasi ada 110 responden, jadi peneliti mengambil sampel sebanyak 52 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peserta didik kelas X SMK PGRI 3 Kediri sebagai besar memiliki tingkat kecerdasan pada kategori sedang, (2) Peserta didik kelas X SMK PGRI 3 Kediri memiliki pengendalian perilaku agresif pada kategori sedang, (3) Jadi, Hasil Penelitian ada hubungan antara kecerdasan emosional terhadap pengendalian perilaku agresif peserta didik kelas X SMK PGRI 3 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015 menunjukan bahwa tingkat koefesien korelasi r sebesar 0,400 > 0,279 pada signifikan 5%. Oleh karena itu diharapkan bagi orang tua berusaha untuk menciptakan suasana rumah yang demokratis dalam mengasuh anak-anaknya, karena didalam suasana rumah dan pengetahuan kecerdasan emosional yang baik akan lebih mampu mengendalikan diri remaja dari perbuatan agresif yang menyimpang dari norma.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-28

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI