EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK TERAPI REALITAS UNTUK MENGATASI SISWA MEMBOLOS PADA MATA PELAJARAN DI KELAS X SMK PGRI 4 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
DENI SUGIARTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0065
Abstract
ABSTRAK
Deni Sugiarto: Efektivitas Layanan Konseling Individu Dengan Teknik Terapi Realitas Untuk Mengatasi Siswa Membolos Pada Mata Pelajaran Di Kelas X SMK PGRI Kediri, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP KEDIRI, 2016.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil praktek pengalaman lapangan dan pengamatan peneliti bahwa sering menjumpai siswa yang membolos pada saat mata pelajaran berlangsung. Mayoritas siswa yang membolos mata pelajaran siswa laki-laki. Akibatnya pada diri siswa atau individu yang membolos pada mata pelajaran, prestasi belajar di sekolah akan menurun.
Permasalahan penelitian ini adalah apakah layanan konseling individu dengan teknik terapi realitas efektif untuk mengatasi siswa membolos pada mata pelajaran di kelas X SMK PGRI 4 Kediri?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan Single Subyek Desain (SSD) dengan subyek penelitian satu siswa kelas X SMK PGRI 4 Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam dua tahap selama tujuh minggu, dengan menggunakan instrument pedoman observasi, wawancara, dokumentasi, dan absensensi siswa.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penerapan layanan konseling individu dengan teknik terapi realitas efektif untuk mengatasi siswa membolos pada mata pelajaran siswa kelas X SMK PGRI 4 Kediri.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian, direkomendasikan pada guru Bimbingan dan Konseling untuk menggunakan layanan konseling individu dengan teknik terapi realitas dalam mengatasi masalah siswa terutama masalah membolos pada mata pelajaran. Karena dalam penelitian ini dapat membuktikan keefektifan konseling individu dengan teknik realitas untuk menangani siswa membolos pada mata pelajaran.
Kata kunci: layanan konseling individu, teknik realitas, perilaku membolos.