PENGARUH PEMBERIAN MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN DENGAN STRATEGI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PEMANTAPAN PEMILIHAN JURUSAN SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 2 KEDIRI


Author (Penulis)

CHOIRUNISA AMALIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0060

Abstract

Choirunisa’ Amalia: Pengaruh Pemberian Materi Jenis-jenis Pekerjaan dengan Strategi Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Pemantapan Pemilihan Jurusan Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Kediri, Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci : Pemberian materi jenis-jenis pekerjaan, strategi layanan bimbingan kelompok, pemantapan pemilihan jurusan. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa layanan bimbingan kelompok terhadap pemantapan pemilihan jurusan siswa SMK dengan materi jenis-jenis pekerjaan didominasi kurang efektifnya diberikan layanan bimbingan klasikal. Akibatnya pemantapan pilihan jurusan pada siswa menjadi ragu karena kurang efektif cara penyampaian informasi materi jenis-jenis pekerjaan dengan salah satu layanan yaitu layanan bimbingan klasikal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah pemantapan pemilihan jurusan siswa SMK Muhammadiyah 2 Kediri sebelum diberikan materi jenis-jenis pekerjaan dengan strategi layanan bimbingan kelompok? (2) bagaimanakah pemantapan pemilihan jurusan siswa SMK Muhammadiyah 2 Kediri setelah diberikan materi jenis-jenis pekerjaan dengan strategi layanan bimbingan kelompok? (3) adakah pengaruh pemberian materi jenis-jenis pekerjaan dengan strategi layanan bimbingan kelompok terhadap pemantapan pemilihan jurusan siswa SMK Muhammadiyah 2 Kediri?. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan Quasy experimental design dengan jenis Nonequivalent control group design. Dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pemantapan pemilihan jurusan siswa sebelum dan setelah diberi materi jenis-jenis pekerjaan dengan layanan bimbingan kelompok menggunakan empat kali pengukuran yaitu sebelum diberi perlakuan bimbingan kelompok dan bimbingan klasikal (Pre test) dan setelah diberi perlakuan bimbingan kelompok dan bimbingan klasikal (post test). Populasi dalam penelitian ini adalah 130 siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Kediri. Sampel penelitian ini ada 130 siswa terdiri 32 siswa TKJ1, 32 siswa TKJ2, 34 siswa TKR, 32 siswa TPM dengan pembagian penelitian 65 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 65 siswa sebagai kelompok kontrol. Simpulan hasil penelitian ini adalah Ada pengaruh pemberian materi jenis-jenis pekerjaan dengan strategi layanan bimbingan kelompok terhadap pemantapan pemilihan jurusan siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Kediri tahun pelajaran 2015/ 2016, hal ini terbukti dengan nilai thitung > ttabel. taraf signifikansi 5% yaitu 5,64 > 1,66.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI