PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENGATASI KENAKALAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PAKEL


Author (Penulis)

BINTI SAKTYA OKTAVIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0055

Abstract

Abstrak Binti Saktya Oktaviana: pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi kelompok untuk mengatasi kenakalan siswa kelas VIII SMPN 2 Pakel Tulungagung, Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci :Bimbingan kelompok teknik diskusi kelompok ,kenakalan siswa Kenakalan siswa sekarang ini sangatlah mudah kita jumpai di dalam lingkungan sekolah khususnya tingkat SMP. Adapun faktor yang mempengaruhi kenakalan siswa di sekolah diantaranya faktor interen (diri sendiri) misal: kegagalan dalam prestasi atau pergaulan, kurang mengendalikan diri serta emosinya. Faktor eksteren( luar diri sendiri) misal : terpengaruh ajakan teman, kondisi keluarga dirumah dan merasa gengsi dalam pergaulan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh bimbingan kelompok teknik diskusi kelompok untuk mengatasi kenakaln siswa kelas VIII SMPN 2 Pakel ? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan Pre experimental design dengan jenis Pre test-post test one group design. Dalam penelitian ini untuk melihat bagaimana kenakalan siswa menggunakan dua kali pengukuran yaitu sebelum diberi perlakuan bimbingan kelompok teknik diskusi kelompok (Pre test) dan sesudah diberi perlakuan bimbingan kelompok teknik diskusi kelompok (post test,) Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Pakel . Sampel yang dijadikan subyek penelitian berjumlah 35 siswa yang diambil dari kelas VIII dengan menggunakan purposive Sampling .Untuk teknik analisa data yang digunakan adalah teknik Uji t dengan menggunakan program Ms. Excel dan manual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara layanan bimbingan kelompok teknik diskusi kelompok untuk mengatasi kenakalan siswa kelas VIII SMPN 2 Pakel . Ditunjukkan dengan koefisien korelasi t hitung sebesar 38,33 > t tabel 5% sebesar 1,697. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini,disarankan: (1)Diharapkan dapat memilih teman dan lingkungan yang baik sehingga dirinya tidak terpengaruh dengan keadaan yang mengajaknya ke dalam hal-hal negativ. Karena hal tersebut dapat merugikan dirinya di masa depannya (2) Diharapkan guru Bimbingan dan Konseling dapat membangkitkan, mengembangkan dan mengoptimalkan bimbingan kelompok teknik diskusi kelompok dan yang lainnya untuk siswa agar terhindar dari kenakalan serta memiliki perilaku yang baik di sekolah maupun lingkungan sekitar. (3) Diharapkan agar lebih mendorong putra-putrinya dan memotivasi dalam aktifitas apapun yang dilakukan sehingga anak akan merasa terdorong untuk membentuk perilaku yang baik sehingga tidak terpengaruh dengan ajakan teman untuk melakukan hal-hal yang negatif.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI