HUBUNGAN KEMANDIRIAN DENGAN INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH 1 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

BAYU EKA SAPUTRA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0052

Abstract

ABSTRAK Bayu Eka Saputra: ”Hubungan Kemandirian dengan Interaksi Sosial Peserta Didik di SMK Muhammadiyah 1 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015”. Skripsi. Bimbingan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Kata kunci : Kemandirian, Interaksi Sosial Kemandirian merupakan salah satu aspek kepribadian yang sangat penting bagi individu. Seseorang dalam menjalani kehidupan ini tidak pernah lepas dari cobaan dan tantangan. Interaksi sosial yaitu hubungan antara dua atau lebih individu, dimana kelakuan individu yang satu mempengaruhi, mengubah atau memperbaiki perilaku individu yang lain atau sebaliknya. Interaksi merupakan peristiwa saling mempengaruhi satu sama lain ketika dua orang atau lebih hadir bersama, mereka menciptakan suatu hasil atau berkomunikasi satu sama. Secara umum penelitian bertujuan untuk mendapatkan gambaran jelas tentang hubungan kemandirian dengan interaksi sosial peserta didik di SMK Muhammadiyah 1 Kediri. Adapun tujuan yang bersifat umum tersebut dijabarkan dalam beberapa tujuan khusus antara lain: untuk mengetahui kemandirian peserta didik di SMK Muhammadiyah 1 Kediri, untuk mengetahui interaksi sosial peserta didik kelas di SMK Muhammadiyah 1 Kediri, dan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kemandirian dengan interaksi sosial peserta didik kelas di SMK Muhammadiyah 1 Kediri. Penelitian ini menggunakan metode korelasi, yaitu penelitian yang melibatkan hubungan satu atau lebih variabel dengan satu atau lebih variabel lain. Bentuk hubungan dalam penelitian ini adalah bivariat, yaitu hubungan yang melibatkan satu variabel bebas dengan satu variabel terikat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data mengenai faktor-faktor kemandirian untuk dicari pengaruhnya terhadap interaksi sosial peserta didik. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, maka dapat diambil kesimpulan, yaitu: (1) bahwa kategori tingkat kemandirian pada peserta didik di SMK Muhammadiyah 1 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015 tergolong baik, didukung dengan tingkat kemandirian pada jawaban responden dengan persentase 75% pada kriterium baik, (2) sedangkan pada interaksi sosial jawaban responden pada persentase 76% tergolong pada kategori baik yang dilihat dari kriterium hasil jawaban responden, (3) Hasil yang diperoleh rxy hitung sebesar 0,385 pada probabilitas sig.(2-tailed) 0,001 dengan N = 67 (pada taraf signifikansi 5%) sedangkan nilai rtabel = 0,244 sehingga dari hasil analisis diperoleh hasil nilai rhitung (0,385) > r tabel (0,244 dengan taraf signifikansi 5%) artinya H0 ditolak ada hubungan yang sangat positif dan sangat signifikan antara rasa kemandirian terhadap interaksi sosial peserta didik di SMK Muhammadiyah 1 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015”. Disarankan guru bimbingan konseling dapat meningkatkan tingkat kemandirian bagi peserta didiknya agar dapat terjalin hubungan interaksi sosial baik di lingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI