HUBUNGAN KEMANDIRIAN DENGAN INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH 1 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
BAYU EKA SAPUTRA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0052
Abstract
ABSTRAK
Bayu Eka Saputra: ”Hubungan Kemandirian dengan Interaksi Sosial Peserta
Didik di SMK Muhammadiyah 1 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015”. Skripsi.
Bimbingan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Nusantara PGRI Kediri, 2015.
Kata kunci : Kemandirian, Interaksi Sosial
Kemandirian merupakan salah satu aspek kepribadian yang sangat penting
bagi individu. Seseorang dalam menjalani kehidupan ini tidak pernah lepas dari
cobaan dan tantangan. Interaksi sosial yaitu hubungan antara dua atau lebih
individu, dimana kelakuan individu yang satu mempengaruhi, mengubah atau
memperbaiki perilaku individu yang lain atau sebaliknya. Interaksi merupakan
peristiwa saling mempengaruhi satu sama lain ketika dua orang atau lebih hadir
bersama, mereka menciptakan suatu hasil atau berkomunikasi satu sama.
Secara umum penelitian bertujuan untuk mendapatkan gambaran jelas
tentang hubungan kemandirian dengan interaksi sosial peserta didik di SMK
Muhammadiyah 1 Kediri. Adapun tujuan yang bersifat umum tersebut dijabarkan
dalam beberapa tujuan khusus antara lain: untuk mengetahui kemandirian peserta
didik di SMK Muhammadiyah 1 Kediri, untuk mengetahui interaksi sosial peserta
didik kelas di SMK Muhammadiyah 1 Kediri, dan untuk mengetahui ada
tidaknya hubungan kemandirian dengan interaksi sosial peserta didik kelas di
SMK Muhammadiyah 1 Kediri.
Penelitian ini menggunakan metode korelasi, yaitu penelitian yang
melibatkan hubungan satu atau lebih variabel dengan satu atau lebih variabel lain.
Bentuk hubungan dalam penelitian ini adalah bivariat, yaitu hubungan yang
melibatkan satu variabel bebas dengan satu variabel terikat. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data mengenai
faktor-faktor kemandirian untuk dicari pengaruhnya terhadap interaksi sosial
peserta didik.
Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, maka dapat diambil
kesimpulan, yaitu: (1) bahwa kategori tingkat kemandirian pada peserta didik di
SMK Muhammadiyah 1 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015 tergolong baik,
didukung dengan tingkat kemandirian pada jawaban responden dengan persentase
75% pada kriterium baik, (2) sedangkan pada interaksi sosial jawaban responden
pada persentase 76% tergolong pada kategori baik yang dilihat dari kriterium hasil
jawaban responden, (3) Hasil yang diperoleh rxy hitung sebesar 0,385 pada
probabilitas sig.(2-tailed) 0,001 dengan N = 67 (pada taraf signifikansi 5%)
sedangkan nilai rtabel = 0,244 sehingga dari hasil analisis diperoleh hasil nilai
rhitung (0,385) > r tabel (0,244 dengan taraf signifikansi 5%) artinya H0 ditolak ada
hubungan yang sangat positif dan sangat signifikan antara rasa kemandirian
terhadap interaksi sosial peserta didik di SMK Muhammadiyah 1 Kediri Tahun
Pelajaran 2014/2015”.
Disarankan guru bimbingan konseling dapat meningkatkan tingkat
kemandirian bagi peserta didiknya agar dapat terjalin hubungan interaksi sosial
baik di lingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah.