PENGARUH KINERJA GURU BK TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 GANDUSARI TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

AYU WIGATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0050

Abstract

Abstrak Ayu Wigati: Pengaruh Kinerja Guru BK terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gandusari Trenggalek Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, BK, FKIP, UNP Kediri 2015. Kata kunci: kinerja guru BK, kedisiplinan siswa, disiplin preventif, disiplin korektif. Penelitian ini dlatar belakangi oleh hasil pengamatan dan olah data yang dilakukan oleh peneliti, bahwa kinerja guru BK di berberapa sekolah masih banyak yang belum sesuai dengan kode etik yang berlaku.Keberhasilan kinerja guru BK tentunya sangat berpengaruh terhadap keberhasilan layanan yang diberikan kepada siswa, salah satunya mengenai kedisiplinan siswa. Pemasalahan pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana kinerja guru BK di SMP Negeri 1 Gandusari Trenggalek tahun pelajaran 2014/2015? (2) Bagaiaman tingkat kedisiplinan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gandusari Trenggalek tahun pelajaran 2014/2015? (3) Bagaimana pengaruh kinerja guru BK terhadap kedisiplinan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gandusari Trenggalek tahun pelajaran 2014/2015?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek peneltian siswa kwlas VIII SMP Negeri 1 Gandusari Trenggalek.Penelitian dilakukan dalam waktu kurang lebih satu bulan, dengan menggunakan instrumen berupa angket (kursioner) yang diberikan kepada siswa mengenai kinerja guru BK dan kedisiplinan siswa, serta melakukan pengamatan di lingkungan sekolah yang digunakan tempat penelitian. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah berdasarkan rumusan masalah dan hasil dari pegujian hipotesis yang telah dianalisis tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif antara kinerja guru BK terhadap kedisiplinan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gandusari Trenggalek tahun ajaran 2014/2015. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan apabila seorang guru BK bersikap dan juga bekerja sesuai dengan kode etik yang berlaku maka hal tersebut akan memberikan contoh dan pengaruh yang baik terhadap kedisiplinan siswa di suatu sekolah. Sehingga diharapkan para konselor/Guru BK yang ada sekolah dapat memberikan contoh-contoh yang baik dan mampu bekerja sesuai dengan kode etik yang berlaku demi keberhasilan dalam proses pelayanan yang telah disusun sesuai dengan program kerja dan terlebih dalam hal kedisiplinan siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-24

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI